dc.identifier.citation | Anwar. 2006. “Penggunaan Peta Konsep Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk meningkatkan Proses, Hasil Belajar, dan Respons pada Konsep Ekosistem”. Dalam Jurnal Penelitian Kependidikan. Tahun 16 Nomor 1 Desember. Hal. 217-244. Arifin, Rusjdy S. and Uwea A. Chaeruman. 2007. “E-Dukasi.Net: A Showcae of Virtual Learning Resources Center (VLRC) for Secondary Education”. Makalah Simposium Nasional 2007. Jakarta 26-27 Juli 2007. Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Asikin, Mohammad. 2003. “Peningkatan Keefektifan Pembelajaran Pembuktian Matemamtika Melalui Model Belajar Perubahan Konseptual dengan CLS (Cooperative Learning Strategies). Dalam Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. XIX, No. 2. 2003. Hal. 112-126. Astuti, Siti Irene. 2007. “Desentralisasi Pendidikan dan Ketimpangan Mutu papda Tingkat Satuan Pendidikan”. Makalah Simposium Nasional 2007. Jakarta 26-27 Juli 2007. Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Borg, W.R. & Gall, M.D(1983). Educational Research: An Instroduction. New York: Longman. Daryanti. Tri. 2003. “Model Pembelajaran Bermakna dengan Peta Konsep untuk Mengoptimalkan Aktiivitas Guru dan Siswa di Sekolah Dasar”. Dalam Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. XIX, No. 1. 2003. Hal. 24-37. Elida, T. & W. Nugroho (2003). Pengembangan computer assisted instruction (CAI) pada Praktikum Mata Kuliah Jaringan Komputer, Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 5 no. 1. Hal. 14-27. Fajar, Arnie (2002), Portofolio, Bandung: Remaja Rosdakarya. Firdaus, L.N., Gunawan Tabrani, dan Adiwirman. 2007. “Implementasi Pendekatan Contextual- Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi di Kabupaten Bengkalis Privinsi Riau”. Makalah Simposium Nasional 2007. Jakarta 26-27 Juli 2007. Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Hasan, Said Hamid. (2000). “Pengembangan kurikulum berbasis masyarakat”. Makalah seminar nasional pengembangan program pendidikan berbasis kewilayahan menyongsong diterapkannya otonomi daerah, 31 Agustus 2000 di UPI Bandung. Hasibuan, Zainal A . dan Harry B. Santosa. 2007. “Analisis dan Perancangan Modul Representasi Knowledge Building dalam Student Centered E-Learning Environment”. Makalah Simposium Nasional 2007. Jakarta 26-27 Juli 2007. Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Hastjarjo, Sri dan Soekartawi. 2007. “Aplikasi E-Learning dan Kualitas Hasil Belajar”. Makalah Simposium Nasional 2007. Jakarta 26-27 Juli 2007. Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Herman, Tatang. 2007. “Membangun Pengetahuan Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah”. Makalah Simposium Nasional 2007. Jakarta 26-27 Juli 2007. Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Hermawan, Sainul. 2007. “Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi”. Makalah Simposium Nasional 2007. Jakarta 26-27 Juli 2007. Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Hidayat, Agus dan Gatot Prabantoro. 2007. “Memanfaatkan Fasilitas Gratis di Internet untuk Mengembangkan Media E-Learning Murah”. Makalah Simposium Nasional 2007. Jakarta 26-27 Juli 2007. Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Iskandar, Srini M. 2006. “ Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dasar-Dasar Sains dengan Mengggunakan Pembelajaran Berkelompok (Learning Together) dan Pembelajaran Timbal Balik (Reciprokal Teaching)”. Dalam Jurnal Penelitian Kependidikan. Tahun 16 Nomor 1 Juni. Juanda, Enjang A. 2007. “Pertimbangan-pertimbangan (Constraints) Perancangan Kelas Virtual pada Aplikasi E-Learning untuk Bidang Ilmu Keteknikan”. Makalah Simposium Nasional 2007. Jakarta 26-27 Juli 2007. Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Martini, dkk. 2006. “Meningkatkan Kemampuan Aspek Psikomotr Melalui Pembelajaran Berbasis Laboratorium pada siswa Kelas XI IPA I SMA Negeri I Jombang.” Dalam Jurnal Penelitian Kependidikan. Tahun 16 Nomor 2 Desember. Hal. 245-255. Miles, Matthew B. dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjep Rohendi. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia. Moleong, Lexy J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Roebyanto, Gunawan dkk. 2006. “Pembelajaran Geometri yang Berorientasi pada Teori van Hiele dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Segiempat”. Dalam Jurnal Penelitian Kependidikan. Tahun 16 Nomor 1 Juni. Siswono, Tatak Yuli Eko. 2007. “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah dan Pemecahan Masalah Matematika”. Makalah Simposium Nasional 2007. Jakarta 26-27 Juli 2007. Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Soekartawi. 2007. “E-Learning: Teori, Aplikasi, dan Potensinya dalam Meningkatkan Akses dan Pemerataan Pendidikan Bermutu di Indonesia”. Makalah Simposium Nasional 2007. Jakarta 26-27 Juli 2007. Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeda. Sujoko, Anang, Reza Savitri, dan Ratya Anindita. 2007. “Pemanfaatan Multimedia dalam Pembelajaran sebagai Alternatif Optimalisasi Kkeseimbangan Kkerja Otak Kiri dan Kanan Guna Meningkatkan Kualitas dan Daya Saaing Lulusan”. Makalah Simposium Nasional 2007. Jakarta 26-27 Juli 2007. Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Suwarni, Endah, Retno Widiastuti, dan Anna Isrowiyah. 2007. “’Accelereted Learning’ sebagai Dasar untuk Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi Proses Balajar Mengajar Akuntasi Pangantar”. Makalah Simposium Nasional 2007. Jakarta 26-27 Juli 2007. Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. | en_US |
dc.description.abstract | This research and development aimed to set a model of mathematic learning in Junior High
School using aptitude treatment interaction (ATI) approach in portfolio base. Specifically the aim in
details are (1) to describe mathematic learning done by Junior high School teachers of the research
locations and the approach they used, and (2) to set the concept of mathematic learning development
for Junior High School using ATI approach in portfolio base. Data collections are observation, interview,
and FGD. The research subjects are teachers, students, education experts, and policy taker. The research
locations are at four state and four private Junior High Schools in Surakarta. The technique of data
analysis are interactive, the form is the cycle of data collection, data reduction, data presentation, and
conclusion/verification. The data legality uses triangulation method and resource. The result of this
research and development, (1) the mathematic learning in the schools that are used as the research
location, consisting the activities of planning, implementation, evaluation, and controlling using
deductive and inductive approaches. Planning, arrange all of the teaching administration and the
preparation on the mastery of teaching material, teaching method and evaluation tool. Implementation:
opening the teaching, learning activity, and closing the teaching. (2) The activities in the development
of mathematic teaching material using ATI approach in portfolio base are introduction step, core
activity step, and closing activity step by documenting all of the students’ activities. Those three steps
are implemented in variants that are suitable for classical, group, and individual models in a form of
a cycle. A small group of learning team which consists of five students with different ability (1 high, 2
moderate, and 1 low) with a tutor of the same age by turns. Introduction activity consists of a) review,
b) pre-motivation, and c) apperception. Core activity consists of concept development and
implementation. And the closing activity is the review on materials summary and the follow up actions. | en_US |