Pengembangan Mobile Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Matriks Siswa SMK/SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan suatu media pembelajaran berbasis ICT yang dapat
diakses siswa menggunakan gadget/smartphone, agar siswa dapat mengulang kembali materi
pelajaran kapan saja dan dimana saja dia berada sehingga diharapkan dapat meningkatkan
pemahaman pelajaran matematika khsusnya pada pokok bahasan matriks.Penelitian ini
menggunakan prosedur penelitian Research and Development, dengan mengadopsi model
pengembangan ComputerAsisstedInstruction – CAI.Model CAI memiliki 6 (enam) tahapan,
yaitu Konsep (concept),Perancangan (design), Pengumpulan Bahan(materialscolecting),
Pembuatan (assembly),Ujicoba (testing),dan Distribusi (distribution). Setelah melalui tahapan
dari model pengembangan CAI, dihasilkan media pembelajaran mobilelearning pada pokok
bahasan Matriks untuk siswa SMA/SMK. Ahli materi dan ahli media pembelajaran berpendapat
bahwa produk yang dikembangkan sudah sangat baik dan layak untuk diujicobakan.Responden
yang terdiri dari Guru Matematika dan Siswa SMA menyatakan bahwa mobile learning pada
pokok bahasan matriks ini sangat membantu dalam pembelajaran, khususnya bagi siswa untuk
mengulang kembali materi pelajaran ditempat dan waktu kapan saja menggunakan
gadget/smartphone.