Pengaruh Realistic Mathematics Education Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) konstribusi pembelajaran matematika
berbasis Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar, (2) konstribusi kemampuan
komunikasi matematika siswa terhadap hasil belajar, (3) interaksi pembelajaran matematika berbasis
RME dan kemampuan komunikasi matematika siswa terhadap hasil belajar. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 1 Baki tahun 2015/2016. Sampel dari penelitian ini dua
kelas. Kelas pertama sebagai kelas eksperimen menggunakan pembelajaran berbasis RME dan kelas
kedua sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran ekspositori. Teknik pengambilan sampel
yang digunakan adalah simple random sampling.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan.
Dari hasil penelitian pada = 0,05 diperoleh: (1) terdapat konstribusi pembelajaran matematika
berbasis RME terhadap hasil belajar dengan F
obs
= 5,573185 > F
= 4,01; (2) terdapat konstribusi
kemampuan komunikasi matematika siswa terhadap hasil belajar dengan F
obs
= 15,95437 > F
=
3,16; (3) terdapat interaksi pembelajaran matematika berbasis RME dan kemampuan komunikasi
matematika siswa terhadap hasil belajar dengan F
obs
= 3,445566 > F
= 3,16.