Analisis Kesalahan Buku Paket Matematika Yang Berjudul “Contextual Teaching And Learning: Matematika Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4 Oleh Atik Wintarti, dkk” Serta Alternatif Penyelesaiannya.
Abstract
Tujuan dari penulisan artikel ini adalah 1) Untuk mengetahui apa saja kesalahan yang ada
dalam buku teks matematika berjudul “CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING:
MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/ MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VII
EDISI 4 OLEH ATIK WINTARTI, DKK”. 2) Untuk mengetahui bagaimanakah alternatif
penyelesaian untuk mengatasi kesalahan yang ada di dalam buku tersebut. Jenis penelitian ini
adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pendeskripsian pada penelitian ini
dilakukan dengan cara memberikan gambaran mengenai isi buku. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah metode dokumentasi. Dalam artikel ini dapat disimpulkan sebagai berikut.
1) Di dalam proses analisis buku paket matematika ini ditemukan beberapa kesalahan, yaitu:
Kesalahan dalam Penulisan Judul BAB dan Judul SUB BAB, Kesalahan dalam Penyajian Materi
yang Tidak Sesuai Indikator, Kesalahan dalam Proses Penyelesaian Contoh Soal 2) Alternatif
penyelesaian untuk kesalahan pada buku tersebut, yaitu: Penulisan judul bab dan sub bab
disesuaikan dengan daftar isi, melihat referensi buku lain salah satunya buku yang berjudul
“Pegangan Belajar Matematika” dengan penulis A.Wagiyo, F.Surati dan Irene Supradiati
terbitan tahun 2008, disajikan alternatif penyelesaian berupa penyelesaian dari contoh soal, soal
yang sesuai dengan penyelesaian dan proses pengerjaan soal yang benar.