Pengaruh Strategi React Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) kontribusi strategi pembelajaran REACT terhadap
hasil belajar matematika, (2) kontribusi tingkat minat belajar siswa terhadap hasil belajar
matematika, (3) interaksi antara strategi pembelajaran REACT dan minat belajar terhadap hasil
belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini yaitu
siswa kelas VIII SMP N 1 Wonosari Tahun 2015/2016. Sampel dari penelitian ini dua kelas masingmasing
terdiri 31 siswa. Kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen menggunakan strategi REACT dan
kelas VIIIA sebagai kelas kontrol menggunakan strategi ekspositori. Teknik pengambilan sampel
dengan sampling acak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, angket, dan dokumentasi.
Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian
pada = 0,05menyimpulkan bahwa : (1) adanya konstribusi pembelajaran dengan strategi
REACTterhadap hasil belajar matematika dengan F
obs
= 8,670917543 > F
= 4,01; (2) adanya
konstribusi tingkat minat belajar terhadap hasil belajar matematika dengan F
obs
= 5,191398373 > F
= 3,16; (3) adanya interaksi antara strategi pembelajaran REACT dan minat belajar terhadap hasil
belajar matematika dengan F
obs
= 4,343721811 > F
= 3,16.