dc.identifier.citation | Flansburg, Per. 2009. An Enhanced Communication Model. The International Journal Of Digital Accounting Research. Vol 9 2009 pp 31-43 Hirschfeld, Kimberly dan Cotton. 2009. Mathematical Communication, Conceptual Understanding and Student’s Attitudes Toward Mathematic. In Partial Fulfillment Of The MAT Degre Department Of Mathematics University Of Nebraska-Lincoln Iwayan, A dkk. 2006. Pedoman Model Penilaian Kelas KTSP-TK-SD-SMPSMA-SMK-MI-MTs-MA-MAK. Jakarta: Bp Cipta Jaya Tiya, Kadir dkk. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar melalui Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 3 no 2 2012 | in_ID |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika dengan
penerapan Lasswel Communication Model pada siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Surakarta tahun
ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dokumentasi, dan
wawancara. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi yang meliputi
triangulasi sumber data, triangulasi metode, dan triangulasi pengamat. Teknik analisis data
dengan reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa dengan menerapkan Lasswel Communication Model dapat meningkatkan pemahaman
konsep matematika pada siswa kelas VIIIC MTs Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. Hal
tersebut terlihat dari beberapa indikator sebagai berikut : (1) siswa menjawab pertanyaan guru
dengan benar dari kondisi awal 20,58% siklus I 52,94% dan siklus II menjadi 82,35% (2) siswa
menerapkan konsep secara tepat menunjukkan peningkatan dari kondisi awal 29,41% siklus I 50%
dan siklus II 91,17%. (3) siswa menanggapi jawaban siswa lain dengan benar menunjukkan
peningkatan dari kondisi awal 8,82% siklus I 32,35% siklus II menjadi 70,58%. (4) siswa
membuat kesimpulan dengan benar menunjukkan peningkatan dari kondisi awal 14,7% siklus I
50% siklus II menjadi 76,47% . Dapat disimpulkan bahwa penerapan Lasswel Communication
Model dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VIIIC MTs Negeri 1
Surakarta tahun ajaran 2013/2014 | in_ID |