Pengembangan Web Site Matematika Sekolah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa, Siswa Sekolah Menengah dan Sekolah Dasar
Abstract
Matematika merupakan ilmu dasar, sehingga disiplin ilmu yang lain memerlukannya.Pesatnya
perkembangan matematika sehingga yang dapat dinyatakan tentang matematika hanya
Karakteristiknya, yaitu obyek kajiannya abstrak. Dengan obyek kajian yang abstrak, sebagian
siswa merasa matematika adalah pelajaran yang sulit. Banyak guru matematika dengan
pengetahuan minimal sehingga ada yang mempunyai pemahaman keliru, seperti √9 = ± 3 dan
rusuk adalah garis. Kesalahan konsep (Miskonsepsi) seperti ini juga terjadi pada mahasiswa
Program Studi Pendidikan Matematika.Untuk mengeliminir hal seperti di atas, pada Program
Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Jakarta, dibuka mata kuliah Pembelajaran
matematika SD, SMP, SMA, Kapita Selekta. Pada perkuliahan tersebut mahasiswa ditugaskan
datang ke sekolah untuk mengobservasi pembelajaran matematika di kelas dan memberikan
laporan apa yang seharusnya dilakukan oleh guru termasuk temuan adanya miskonsepsi.Hasil
perkuliahandalam rangka memperbaiki mutu pendidikan matematika. Namun hasil tersebut belum
terpublikasi dengan baik. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan dibuat wadah yang dapat
diakses oleh banyak siswa, guru dan mahasiswa.Tujuan penelitian adalah menghasilkan website
yang memuat tentang pembeljaran matematika di sekolah.penelitian ini menggunakan metode
Research and development (R&D). Penelitian menghasilkan website yang berisi miskonsepsi yang
terjadi, dan pembelajaran matematika yang direkomendasikan untuk SD sampai SMA .Website
dengan alamat www. ipmatunj.comdapat diakses oleh umum, sehingga guru, siswa dapat
memanfaatkannya demi perbaikan mutu pendidikan matematika.