Problematika Dalam Teknik Integrasi Substitusi dan Parsial Serta Alternatif Pemecahannya
Date
2016-03-12Author
Sanhadi, Kusnul Chotimah Dwi
Muklis, Yoga Muhamad
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi problematika apa saja yang sering muncul dalam
penyelesaian soal integral dengan teknik integrasi substitusi dan parsial beserta alternatif
jawaban dari problematika tersebut. Penelitian ini dilakukan di SMA MTA Surakarta. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas XII yang telah mempelajari materi integral pada semester I
tahun akademik 2015/2016. Penelitian dilakukan dengan pemberian tes berkaitan dengan materi
integral. Selanjutnya, diperoleh data dari hasil tes tersebut yang didukung dengan wawancara
oleh peneliti kepada subjek penelitian. Permasalahan yang sering dialami siswa dalam
menyelesaikan soal integral yakni (1) siswa merasa bingung harus menggunakan teknik
pengintegralan yang mana, (2) fungsi mana yang harus dimisalkan dan mana yang tidak, dan (3)
bagaimana cara memisalkannya. Oleh karena itu, untuk mengatasi problematika tersebut, maka
guru sebaiknya membimbing siswa agar siswa dapat membuat kesimpulan sendiri tentang
perbedaan teknik integrasi tersebut. Untuk membantu guru dalam membimbing siswa maka guru
dapat membuat mendesain Lembar Kerja Siswa (LKS) terstruktur sehingga siswa dapat berlatih
dan menganalisa soal-soal yang berhubungan dengan integral.