• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Hierarchical Cluster Analysis Terhadap Pelanggan Pasar Beringharjo Yogyakarta

    Thumbnail
    View/Open
    107_120_Makalah Rev Ade Ihsan Hidayatullah.pdf (613.3Kb)
    Date
    2016-03-12
    Author
    Hidayatullah, Ade Ihsan
    Perihatini, Denisha Intan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pelanggan adalah elemen terpenting dalam menjalankan suatu usaha. Tingginya jumlah pelanggan akan memberikan dampak positif terhadap peningkatan jumlah keuntungan suatu usaha. Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa pelanggan sebagai konsumen pasar mampu memberikan stimulus terhadap karier usaha di masa mendatang. Pasar Beringharjo yang terletak di Yogyakarta sebagai salah satu pasar yang selalu ramai pengunjung merupakan cerminan bahwa pelanggan sebagai faktor utama dalam kesuksesan usaha. Oleh sebab itu, peneliti melakukan sebuah kajian tentang pengelompokkan pelanggan-pelanggan yang melakukan transaksi di Pasar Beringharjo untuk dapat memberikan inovasi baru terhadap kemajuan perekonomian melalui sektor pasar, serta arah kebijakan pasar. Bentuk pengelompokan didasarkan atas kemiripan pelanggan yang melakukan transaksi di Pasar Beringharjo. Analisis cluster adalah suatu analisis statistik multivariate yang dapat mengelompokkan obyek berdasarkan karakteristik yang dimilikinya, dalam hal ini peneliti menggunakan Hierarchical Cluster Analysis. Hasilnya yaitu 98% dari seluruh pelanggan yang di surve puas melakukan transaksi jual beli di Pasar Beringharjo. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan untuk melakukan analisis terkait kepuasan pelanggan di sebuah usaha. Pemerintah juga dapat menjadikan sebagai landasan kebijakan-kebijakan yang akan dijalankan di pasar, khususnya Pasar Beringharjo Yogyakarta.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7045
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV