• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2016
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2016
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Metode Human Error Identification Penyebab Kecelakaan Kereta Api yang Berhubungan Dengan Pengatur Perjalanan Kereta Api: Studi Literatur

    Thumbnail
    View/Open
    IENACO_006-Fikri Indra Maulana, Ari Widyanti.pdf (316.9Kb)
    Date
    2016-03-23
    Author
    Maulana, Fikri Indra
    Widyanti, Ari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    ngka kecelakaan kereta api di Indonesia masih relatif tinggi. Hal ini dapat mengakibatkan kerugian material maupun korban jiwa. Terdapat beberapa penyebab terjadinya kecelakaan kereta api antara lain sarana, prasarana, sumber daya manusia (operator), eksternal dan alam. Dari penyebab tersebut kesalahan sumber daya manusia atau human error merupakan salah satu penyebab yang banyak terjadi. Data dari Direktorat Jendral Perkeretaapian Kementrian Perhubungan (2015) menunjukan bahwa faktor manusia menjadi salah satu penyebab kecelakaan kereta api terbesar, yaitu sebesar 28%, sedangkan penelitian yang lain menunjukan bahwa faktor manusia memberikan kontribusi sebesar 70% terhadap kecelakaan kereta api di Indonesia. Kesalahan manusia pada kecelakaan kereta api dapat terjadi pada operator lapangan, yaitu masinis maupun operator darat yang disebut juga Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA) sebagai pengontrol sinyal untuk pelayanan kereta api. Dari banyak penelitian yang berhubungan dengan kecelakaan kereta api, tidak banyak penelitian yang membahas tentang identifikasi kecelakaan yang berkaitan dengan PPKA. Mengklasifikasikan kemungkinan kesalahan dalam cara tertentu merupakan hal yang penting untuk mendeteksi kecenderungan dari penyebab kecelakaan yang terjadi atau mengidentifikasi kemungkinan sistem tidak dapat berjalan sesuai dengan harapan. Pendekatan untuk kasifikasi error diistilahkan dengan Human Error Identification (HEI). Penelitian ini merupakan studi awal dalam proses pengembangan metode HEI dalam mengidentifikasi penyebab kecelakaan kereta api yang melibatkan PPKA. Dalam penelitian ini dikaji literatur-literatur yang berhubungan dengan metode HEI yang dapat digunakan pada ruang kendali kereta api. Analisis dilakukan dengan membandingkan kelebihan dan kekurangan metode HEI yang ada dalam identifikasi penyebab kecelakaan kereta api. Dari analisis tersebut ditemukan bahwa terdapat metode HEI yang dapat digunakan dalam menganalisis kecelakaan kereta api yang mungkin disebabkan oleh PPKA yaitu Technique for the Retrospective and Predictive Analysis of Cognition Error (TRACEr).
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7060
    Collections
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2016

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV