• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2016
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2016
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Implementasi Mass Customization Dalam Minimasi Lead Time dengan Pendekatan Algoritma CDS

    Thumbnail
    View/Open
    IENACO_042-Jatu Sandyakalaning, Salvia Fatma Aulia, Vanadhia Amanita.pdf (302.0Kb)
    Date
    2016-03-23
    Author
    Sandyakalaning, Jatu
    Aulia, Salvia Fatma
    Amanita, Vanadhia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Permintaan konsumen terhadap produk yang beraneka ragam menuntut perusahaan manufaktur untuk selalu dapat memenuhi permintaan konsumen. Berbagai usaha dilakukan oleh perusahaan manufaktur untuk menciptakan produk yang berkualitas dengan berorientasi pada keinginan dan harapan konsumen. Pada lingkungan manufaktur Make-to-Order (MTO), pada umumnya proses produksi dilakukan setelah menerima pesanan dari konsumen, sehingga menyebabkan panjangnya lead time. Sedangkan secara umum konsumen menginginkan produk yang dapat diproduksi dengan cepat dan memiliki keragaman yang tinggi. Oleh karena itu, perusahaan manufaktur dituntut untuk dapat menerapakan strategi hybrid manufacturing yaitu dengan menggabungan dua konsep proses produksi berdasarkan pesanan dan persediaan. Konsep tersebut digunakan untuk menggabungkan antara kebutuhan konsumen akan keragaman produk yang tinggi dan waktu respon yang cepat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang suatu sistem manufaktur yang dapat memproduksi berbagai macam produk dengan manufacturing lead time yang singkat. Untuk mencapai sistem manufaktur yang memiliki fleksibilitas tinggi, pada penelitian ini menggunakan konsep Mass Customization (MC). Implementasi MC adalah menentukan level keragaman produk yang ditawarkan kepada konsumen yang berpengaruh dalam menentukan posisi Customer Order Decoupling Point (CODP). Dalam menganalisis manufacturing lead time menggunakan penjadawalan produksi untuk mencari makespan optimal melalui urutan pengerjaan (job) dengan pendekatan Algoritma Campbell, Dudek, Smith (CDS). Studi kasus diambil dari sistem manufaktur pada UKM Sogan Batik Rejodani di Sleman, Yogyakarta. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa sistem manufaktur yang diusulkan dapat mengurangi lead time dari 30 hari menjadi 4,789 hari dengan pengurangan lead time sebesar 84,04%.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7099
    Collections
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2016

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV