dc.identifier.citation | Aziz, Eliza Viandrayani. 2003. Total Quality management and ISO 9000, Bandung : STMIK LPKIA. Brotowidjoyo, D.Mukayat. 1988. Penulisan Karangan Ilmiah, Jakarta : Akademika Pressindo CV. Farris, Jennifer A. E.M Van Aken. T.L Doolen. J.Worley.. 2008. Learning From Less Successful Kaizen Events: A Case Study. Engineering García-Bernal, Javier. M. Ramírez-Alesón . 2010. Increasing the organizationalperformance benefits of TQM: an approach based on organizationaldesign. Total Quality Management & Business Excellence; Apr 2010, Vol.21 Issue 4, p363-382. Melalui < http://www.ebscohost.com > [20/5/2011]. Goetsch, David L, dan S.B Davis. 1997. Introduction to Total Quality: Quality Management for Production, Processing, and Service, Prentice- Hall Inc. Grover,Sandeep. V.P Agrawal. dan I.A Khan. 2004. A digraph approach toTQM evaluation of an industry. International Journal of ProductionResearch; 10/1/2004, Vol. 42 Issue 19, p40314053. Melalui <http://www.ebscohost.com > [ 2/6/2011 ]. Heizer, Jay dan B. Render. 2004. Manajemen Operasi edisi 9. Terjemahan. | in_ID |
dc.description.abstract | ualitas sebagai kata kunci dalam persaingan industri. Kontrol kualitas sangat
diperlukan dalam memproduksi suatu barang untuk menjaga kesetabilan mutu.
PT. Putra Timur Indonusa ( Putindo) adalah salah satu perusahaan yang bergerak
dalam bidang manufaktur Out Sole Thermo Plastic Ruber (TPR) Out Sole PVC, Out
Sole dua warna (APR) dan Out Sole Poly Urethane (PU). Masalah besar yang sering
terjadi adalah pada saat empat bulan menjelang Idul Fitri (lebaran), adalah over
kapasitas mesin-mesin produksi karena peningkatan order dari pelangganpelanggannya
hingga mencapai +/- 40% yang tidak dapat terpenuhi untuk masingmasing
jenis out sole dibandingkan bulan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan
mengetahui penerapan Kaizen di Departemen Thermo Plastic Rubber dengan melihat
perubahan sebelum dan sesudah penerapan Kaizen. Sampel perubahan ini adalah
data reject/defect dari hasil laporan produksi Thermo Plastic Ruber. Metode analisis
yang digunakan untuk perubahan dan peningkatan kualitas produk ini adalah analisa
proses pembuatan Out Sole TPR dan analisa lembar periksa (check sheet), analisa
sebab akibat (fish bone), dan analisa perbandingan Hasil penelitian ini
mengindikasikan bahwa penerapan Kaizen dalam perbaikan kualitas sudah berjalan
baik. Hal ini perlu mendapatkan dukungan penuh dari manajemen agar tetap
konsisten, sehingga quantity, quality dan delivery time dapat terpenuhi oleh
perusahaan dalam mendukung kemampuan bersaing dan peningkatan pendapatan. | in_ID |