Show simple item record

dc.contributor.authorDamayanti, Wida
dc.date.accessioned2016-06-02T05:48:21Z
dc.date.available2016-06-02T05:48:21Z
dc.date.issued2016-04-02
dc.identifier.citationArikunto, S dan Abdul Jafar, Cepi Safruddin, 2014. Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta : PT Bumi Aksara Imam Wahyudi, M.Pd. Pengembangan Pendidikan. 2012.Prestasi Pustaka Jamal Ma’mur Asmani. Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah. 2012. Diva Press Prof. Dr. Suharsimi Arikunto. Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan (edisi 2). 2012. Bumi Aksara Jerry H. Makawimbang. Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan. 2011. Alfabeta. Bandung. Bernard J. Badiali. Teaching Supervision (chapter 37).International journal of management education 2008. Lia Yuliana. Pelaksanaan supervisi pendidikan oleh kepala sekolah terhadap guru.2010. Journal pendidikan UNY. 1 Desember 2012. Jeperis.Metode dan teknik supervisi pendidikan.http://jeperis.wordpress.com. 1 Desember 2012. Obeeth.Kompetensi supervisi kepala sekolah.http://obeeth.wordpress.com. 1 Desember 2012in_ID
dc.identifier.issn2503-4855
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7266
dc.description.abstractTujuan Penelitian ini adalah untuk ; 1) Memberikan gambaran mendalam tentang Program PKG dan Program Supervisi Akademik di SMK Negeri 1 Salatiga 2) Mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program PKG dan Program Supervisi Akademik di SMK Negeri 1 Salatiga 3) Memberikan masukan untuk perbaikan Program Supervisi Akademik untuk meningkatkan mutu kinerja guru di SMK Negeri 1 Salatiga. Jenis penelitian ini adalah evaluasi program dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan menganalisis program Penilaian Kinerja Guru dan supervisi akademik yang dijalankan dalam bentuk studi kasus (case study). Model Evaluasi penelitian ini adalah Goal free Evaluation Model (Scriven) dengan SWOT Analysis (Strengths Weakness, Opportunities, Threats) IFAS (Internal Factors Analysis Summary) dan EFAS (Eksternal Factors Analysis Summary). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber informasi penelitian adalah kepala sekolah, guru/ tenaga kependidikan dan tenaga non kependidikan di lingkungan SMK Negeri 1 Salatiga. Untuk mengecek keabsahan data, penulis menggunakan teknik triangulasi, yaitu 1) Triangulasi data 2) Triagulasi teknik 3) Triangulasi sumber. Hasil Penelitian dapat dideskripsikan bahwa Program Penilaian Kinerja guru dan Program Supervisi Akademik Pendidikan di SMK Negeri 1 Salatiga dengan manajemen lama belum efektif sehingga perlu perbaikan. Diperlukan model supervisi yang tepat yang diharapkan mampu membawa perubahan positif kearah peningkatan kinerja guru, dari model kepemimpinan lama yang masih membayangi langkah kepemimpinan baru saat ini. Gabungan Model Supervisi Akademik Artistik dan Cooperative Development secara sinergis dirasa lebih tepat untuk kondisi SMK Negeri 1 Salatiga yang memiliki SDM yang cukup memadai.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectPeningkatan Mutuin_ID
dc.subjectKinerja Guruin_ID
dc.subjectSupervisi Akademikin_ID
dc.subjectPKG 2016in_ID
dc.titlePeningkatan Mutu Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik di SMK Negeri 1 Salatiga Menghadapi PKG 2016 (Solusi Perubahan dengan Gabungan Model Supervisi Akademik Artistic Model dan Cooperative Development Model)in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record