Show simple item record

dc.contributor.authorMaryati, Tri
dc.contributor.authorElmunsyah, Hakkun
dc.contributor.authorSutadji, Eddy
dc.date.accessioned2016-06-02T08:44:18Z
dc.date.available2016-06-02T08:44:18Z
dc.date.issued2016-04-02
dc.identifier.citationAmin, I. & Sukestiyarso, Y.L. 2015. Analysis Metacognitive Skills On Learning Mathematics In High School. International Journal of Education and Research, 3(3):213-222. Badan Pusat Stastistika. 2015. Berita Resmi Statistik Keaadaan Ketenagaan Februari 2015. No. 47/05/Th. XVIII, 5 Mei 2015. Bektiarso, Singgih.2015. Strategi Pembelajaran.Yogyakarta:LaksBang Pressindo. Cedefop. 2009. Modernising vocational education and training. Luxembourg: Office for Official Publications of the European Communities. Choudhury, S.R & Chowdhury, S.R. 2015. Teaching Competency of Secondary 66 Teacher Educators In Relation To Their Metacognition Awarness. International Journal of Humanities and Social Science Invention,4(1):1723. Hardika. 2012. Pembelajaran Transformatif Berbasis Learning How To Learn. Malang: UMM Press. Helmiati. 2013. Micro Teaching melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo. Heong, Yee M., & Mohamad, Mimi M. 2012. Vocational Pedagogy a Dimension of Vocational Learning with Workplace Requirement. Jurnal of Technical Education and Training (JTET), 4(1):23-30 Jayapraba, G. & Kanmani, M. 2013a. Metacognitive Awareness In Science Classroom Of Higher Secondary Students. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 4 (3): 49-56. Jayapraba, G. 2013b. Metacognitive Instruction And Cooperative Learning- Strategies For Promoting Insightful Learning In Science. International Journal On New Trends In Education And Their Implications, 4(1):165-172. Khambayat, R.P & Majumdar, S. 2010. Preparing Teachers of Today for The Learners of Tomorrow. Journal of Engineering, Science and Management Education, 2 (Tanpa Nomor):9-16. Kompasiana Online .2013. “Menyelaraskan Dunia Pendidikan dan Dunia Kerja di Bidang Pertanian”. http://kompasiana.com/ Maulana. 2008. Pendekatan Metakognitif sebagai Alternatif Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD. Jurnal Pendidikan Dasar, Nomor: 10, Oktober 2008. Miranda, Yula. 2010. Dampak Pembelajaran Metakognitif dengan Strategi Kooperatif terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa dalam Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri Palangka Raya. Jurnal Penelitian Kependidikan, 20(2). Mukhadis, A.2013. Evaluasi Program Pembelajaran Bidang Teknologi. Malang:Bayumedia Publishing. Murthado, Fathiaty 2013. Berpikir Kritis dan Strategi Metakognisi: Alternatif Sarana Pengoptimalan Latihan Menulis Argumentasi. Makalah disajikan dalam seminar internasional 2nd International Seminar on Quality and Affordable Education (ISQAE 2013), Universitas Negeri Jakarta, Jakarta Nidhom, A.M., Sonhadji, K.H., dan Sudjimat, D.A. 2015. Hubungan Kesiapan Belajar, Lama Pembelajaran, Kesesuaian Tempat dan Partisipasi DU/DI dengan Hasil Prakerin Peserta didik Kompetensi Keahlian TKJ di SMK Kota Batu. Jurnal Invotec. 11(1):1-14. Paryono. 2013. Anticipating ASEAN Economic Community 2015: Regional initiatives on human resources development and recognition of professional qualifications. VET @ Asia, issue 2:1-8. Rahdiyanta, Dwi. 2014. Tantangan Pendidikan Teknologi Kejuruan dalam Era Global. Makalah disajikan dalam Prosiding Konvensi Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (APTEKINDO) ke 7, FPTK Universitas Pendidikan Indonesa, Bandung, 13-14 November. Rahman, S. & Phillip,J.A. 2006. Hubungan antara Kesedaran Metakognisi, Motivasi, dan Pencapaian Akademik Pelajar Universiti. Malaysia. Jurnal Pendidikan, 31 (2006), 21 – 39. Republika Online .2013. “Peminat Sekolah Kejuruan Terus Bertambah”. http://www.republika.co.id/ Saripudin, Agus. 2007. Metakognisi dan Peran serta Implikasinya bagi Pembelajaran Membaca”. Jurnal Bahasa dan Sastra Lingua, Vol. 8, No. 2, Juni 2007 Sart, Gamze. 2014. The effects of the development of metacognition on projectbased learning. Procedia – Social and Behavioral Sciences, 152(2014): 131136. Septiyana, Kikie, dkk. 2013. Jurnal belajar Sebagai strategi berpikir metakognitif pada pembelajaran system imunitas. Unners Journal of Biology Education. (Online), 2(1):1-9, (http://lib.unnes.ac.id/18699/1/4401408041.pdf diakses 18 September 2015). Sonhadji, Ahmad.2013. Manusia, Teknologi, dan Pendidikan menuju peradaban Baru. Malang:Penerbit Universitas Negeri Malang. Suarta, I.M. 2010. A Hypothetical Model For Developing Employability Skills Student. Makalah disajikan dalam Seminar Internasional VET The Challeng in Developing Skills for Today’s Workforce.Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 18 Mei. Sudira, Putu. 2015. Asean Economic Community dan Pendidikan Vokasional Abad 21. Makalah disajikan dalam seminar nasional pendidikan vokasi dalam rangka dies natalis ke-54, FT UNY. Sudjimat, Dwi. 2014. Perencanaan Pembelajaran Kejuruan. Malang: UM Press. Tosun, C. & Senocak, E. 2013. The Effects of Problem-Based Learning on Metacognitive Awareness and Attitudes toward Chemistry of Prospective Teachers with Different Academic Backgrounds. Australian Journal of Teacher Education, 38(3): 61-73. Wilson, N.S & Bai, H. 2010. The relationships and impact of teachers’ metacognitive knowledge and pedagogical understandings of metacognition. Springer Science+Business Media, Published Online: 16 Oktober 2010. Yuwono, Cornelius. 2014. Peningkatan Keterampilan Metakognisi Siswa dengan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw – Modifikasi. Jurnal Santiaji Pendidikan, 4(1):1-21.in_ID
dc.identifier.issn2503-4855
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7271
dc.description.abstractKompetesi di dunia kerja mengisyaratkan lulusan harus mampu beradaptasi dan berdaya saing, maka mutlak dibutuhkan kemampuan untuk menjadi pebelajar sepanjang hayat (life long learning). Untuk dapat menjadi pembelajar mandiri siswa harus mempunyai kesadaran metakognitif. Kesadaran metakognisi telah banyak diteliti hampir di semua bidang keilmuan termasuk bidang pendidikan kejuruan, namun masih belum banyak yang membahas tentang faktor-faktor apa yang perlu diperhatikan dalam pengembangan kesadaran metakognitif. Berdasarkan hasil penelitian terdahulu menunjukkan bahwa kesadaran metakognitif berkontribusi positif terhadap prestasi belajar siswa (Sart, 2014;Miranda, 2010;Saripudin, 2007; Rahman dan Phillips, 2006; Jayapraba, 2013a; Amin dan Sukestiyarso, 2015). Pentingnya menumbuhkan kesadaran metakognitif agar pembelajaran menjadi berkualitas maka faktor yang mempengaruhinya menjadi sangat urgen diketahui oleh pendidik di bidang pendidikan kejuruan salah satunya adalah keterampilan mengajar guru. Keterampilan mengajar guru merupakan salah satu indikator profesionalitas guru dalam mendidik. Sehingga pengembangan profesionalitas guru ini penting untuk mendukung peningkatan kualitas pembelajaran di SMK.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectpengembanganin_ID
dc.subjectprofesionalitas guruin_ID
dc.subjectkesadaran metakognitifin_ID
dc.subjectkualitas pembelajaranin_ID
dc.subjectSMKin_ID
dc.titlePentingnya Pengembangan Profesionalitas Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMKin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record