Show simple item record

dc.contributor.authorHartiningtyas, Lativa
dc.contributor.authorPurnomo
dc.contributor.authorElmunsyah, Hakkun
dc.date.accessioned2016-06-03T00:48:33Z
dc.date.available2016-06-03T00:48:33Z
dc.date.issued2016-04-02
dc.identifier.citationDanim, Sudarwan., dkk. 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. Depdiknas. 2006. Panduan Pelaksanaan Sertifikasi Guru 2006. Jakarta: Dikmenjur. Djojonegoro, Wardiman.1998. Pengembangan sumber daya manusia melalui SMK. Jakarta: PT Jayakarta Agung Offset Harijono. 2015. Kompetensi Profesional Guru Melalui Pemahaman Mata Diklat Praktek Kayu. Jurnal INVOTEC, 9(1): 57-7. Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika. Kartini, Titin. 2011. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kompetensi profesional Guru di SMK Negeri 1 Losarang Kabupaten Indramayu. Tesis tidak diterbitkan. Jakarta: Universitas Indonesia. Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Pedoman Kegiatan Pengembangan keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan Angka Kreditnya, Buku 4. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi untuk Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta Salim, Sardi. 2014. Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Sekolah Kejuruan. (Online) repository.ung.ac.id/…/upaya-peningkatan-kompetensiprofesional-guru-sekolah-kejuruan. (Prosiding Pedagogika FIP Universitas Negeri Gorontalo). Diakses pada 4 Pebruari 201. Saryono. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika. Sunaryo. 2009. Peningkatan Kemampuan dan Kreativitas Guru dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar di Kelas. Jurnal Mimbar Pendidikan. No.2/XXVIII/2009. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosenin_ID
dc.identifier.issn2503-4855
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7273
dc.description.abstractPendidikan berupaya untuk mengembangkan sikap dan perilaku peserta didik agar siap memasuki dunia kerja dan masyarakat. Salah satu komponen penyelenggara pendidikan yang memiliki peran penting adalah guru. Guru dituntut untuk memiliki kompetensi seperti yang diharapkan oleh UU dan peraturan pemerintah dan harus aktif mengaktualisasi diri yaitu dengan mengembangkan suasana pembelajaran agar lebih menarik dan mendorong siswa untuk belajar, mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan, serta mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri. Pemerintah telah mencanangkan bahwa profesi guru disejajarkan dengan profesi lainnya sebagai tenaga profesional dengan harapan dapat meningkatkan mutu pendidikan karena guru sebagai agen pembelajaran memiliki peran penting proses pembelajaran di dalam kelas yang akan berdampak pada peningkatan mutu pendidikan. Guru harus memiliki kompetensi pedagogik dan profesional sebagai bekal untuk mendidik siswa. Kompetensi pedagogik mengenai ilmu tentang belajar dan pembelajaran, bagaimana melaksanakan pembelajaran yang baik dan efektif, dan bagaimana membelajarkan siswa agar memahami materi pembelajaran. Sedangkan kompetensi profesional adalah mengenai isi materi pembelajaran atau substansi ilmu mengenai materi pembelajaran. Guru harus senantiasa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat, menuntut guru untuk selalu up-to-date dengan teknologi terkini. Agar seorang guru dapat selalu meningkatkan kualitas kompetensinya, pemerintah menyelenggarakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi guru agar senantiasa menjadi seorang guru yang kompeten.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectguru kompetenin_ID
dc.subjectkompetensi pedagogikin_ID
dc.subjectkompetensi profesionalin_ID
dc.titleMeningkatkan Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru SMK Melalui Pemberdayaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record