dc.contributor.author | Hartiningtyas, Lativa | |
dc.contributor.author | Purnomo | |
dc.contributor.author | Elmunsyah, Hakkun | |
dc.date.accessioned | 2016-06-03T00:48:33Z | |
dc.date.available | 2016-06-03T00:48:33Z | |
dc.date.issued | 2016-04-02 | |
dc.identifier.citation | Danim, Sudarwan., dkk. 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. Depdiknas. 2006. Panduan Pelaksanaan Sertifikasi Guru 2006. Jakarta: Dikmenjur. Djojonegoro, Wardiman.1998. Pengembangan sumber daya manusia melalui SMK. Jakarta: PT Jayakarta Agung Offset Harijono. 2015. Kompetensi Profesional Guru Melalui Pemahaman Mata Diklat Praktek Kayu. Jurnal INVOTEC, 9(1): 57-7. Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika. Kartini, Titin. 2011. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kompetensi profesional Guru di SMK Negeri 1 Losarang Kabupaten Indramayu. Tesis tidak diterbitkan. Jakarta: Universitas Indonesia. Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Pedoman Kegiatan Pengembangan keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan Angka Kreditnya, Buku 4. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi untuk Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta Salim, Sardi. 2014. Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Sekolah Kejuruan. (Online) repository.ung.ac.id/…/upaya-peningkatan-kompetensiprofesional-guru-sekolah-kejuruan. (Prosiding Pedagogika FIP Universitas Negeri Gorontalo). Diakses pada 4 Pebruari 201. Saryono. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika. Sunaryo. 2009. Peningkatan Kemampuan dan Kreativitas Guru dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar di Kelas. Jurnal Mimbar Pendidikan. No.2/XXVIII/2009. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen | in_ID |
dc.identifier.issn | 2503-4855 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/7273 | |
dc.description.abstract | Pendidikan berupaya untuk mengembangkan sikap dan perilaku peserta didik agar
siap memasuki dunia kerja dan masyarakat. Salah satu komponen penyelenggara
pendidikan yang memiliki peran penting adalah guru. Guru dituntut untuk
memiliki kompetensi seperti yang diharapkan oleh UU dan peraturan pemerintah
dan harus aktif mengaktualisasi diri yaitu dengan mengembangkan suasana
pembelajaran agar lebih menarik dan mendorong siswa untuk belajar,
mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan, serta mampu
memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri.
Pemerintah telah mencanangkan bahwa profesi guru disejajarkan dengan profesi
lainnya sebagai tenaga profesional dengan harapan dapat meningkatkan mutu
pendidikan karena guru sebagai agen pembelajaran memiliki peran penting proses
pembelajaran di dalam kelas yang akan berdampak pada peningkatan mutu
pendidikan. Guru harus memiliki kompetensi pedagogik dan profesional sebagai
bekal untuk mendidik siswa. Kompetensi pedagogik mengenai ilmu tentang
belajar dan pembelajaran, bagaimana melaksanakan pembelajaran yang baik dan
efektif, dan bagaimana membelajarkan siswa agar memahami materi
pembelajaran. Sedangkan kompetensi profesional adalah mengenai isi materi
pembelajaran atau substansi ilmu mengenai materi pembelajaran. Guru harus
senantiasa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Perkembangan
teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat, menuntut guru untuk
selalu up-to-date dengan teknologi terkini. Agar seorang guru dapat selalu
meningkatkan kualitas kompetensinya, pemerintah menyelenggarakan
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi guru agar senantiasa
menjadi seorang guru yang kompeten. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | guru kompeten | in_ID |
dc.subject | kompetensi pedagogik | in_ID |
dc.subject | kompetensi profesional | in_ID |
dc.title | Meningkatkan Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru SMK Melalui Pemberdayaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |