dc.identifier.citation | Anwar. 2006. “Penggunaan Peta Konsep Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk meningkatkan Proses, Hasil Belajar, dan Respons pada Konsep Ekosistem”. Dalam Jurnal Penelitian Kependidikan. Tahun 16 Nomor 1 Desember. Hal. 217-244. Dallimore, Elice. J. Hertenstein Julie H. dan Platt Majorie B. 2010 Issues In Accounting Education. Class Participation in Accounting Courses: Factors That Affect Student Comfort and Learning American Accounting Association DOI:10.2308/iace.2010.25.4.613. Vol.25.N0.4 2010pp. 613629. Depdikbud., 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2014/2015, Jakarta: Penerbit BPSDMPK dan PMP. Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Gregory Kenneth, Laing 2012. Higgher Education Studies Published by Canadian Center of Science and Education I integration of acomputer Application in a first Year Accounting Curriculum: An Evaluation of Student Attitudes, School of Accounting & Finance, Faculty of Commerce University of Wollongong, Australia, Vol. 2. No.2;June 2012. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia. Hamalik, Oemar. 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. Iskandar, Srini M. 2006. ” Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dasar-Dasar Sains dengan Mengggunakan Pembelajaran Berkelompok (Learning Together) dan Pembelajaran Timbal Balik (Reciprokal Teaching)”. Dalam Jurnal Penelitian Kependidikan. Tahun 16 Nomor 1 Juni. Kirkham, Ross 2013. An Approach to Improving the Learning Experience for First Year Accounting Currriculum University of the Sunshine Coast, Australia. E-Journal of Business Education & Scholarship of Teaching. Vol. 7, No.1. 2013, pp.74-81. Lestianto. 2011 Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif CIRC berbasis lesson Study untuk meningkatkan asil belajar siswa untuk mata kuliah kewirausahaan.Malang: FE, UM. Martini, dkk. 2006. “Meningkatkan Kemampuan Aspek Psikomotr Melalui Pembelajaran Berbasis Laboratorium pada siswa Kelas XI IPA I SMA Negeri I Jombang.” Dalam Jurnal Penelitian Kependidikan. Tahun 16 Nomor 2 Desember. Hal. 245-255. Miles, Matthew B. dan A. Michael Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjep Rohendi. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia. Sarjono, Yetty dan Suyatmini. 2011 Model penataan Pedagang Kaki Lima di Surakarta Sebagai Solusi Konstruktif Untuk Pemberdayaan Tingkat Pendidikan Anak-anak PKL, EDUKASI, Jurnal Ilmu pendidikan Vol. 10. No. 2. Hal.1-8 Sarjono, Yetty. Dan Suyatmini. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran Ekonomi Berbasis Lingkungan Dengan pendekatan pembelajaran Inovatif di SMA Muhammadiyah di Surakarta, Laporan penelitian Pentaspena, Juni 2013 Sarjono, Yetty dan Suyatmini. 2013 Model Pendidikan Anak-Anak Miskin di Kota Surakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol. 8. No. 2, Juli 2012 Hal. 98-111. Sutama. 2010. ”Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D). Surakarta: Fairuz Media. Vincent. 2012. International Journal For Lesson And Learning Studies Using Learning Study To Improve The Teaching And Learning of Accounting in a School In Brunei Darusalam Vol 1. No.1 2012. P. 23-40 Wafroturrohmah dan Suyatmini, 2008. Penggunaan Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Mandiri Mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi Pada Mata Kuliah akuntansi Perpajakan, Jurnal Varia Pendidikan Vol. 20.No. 2 Desember 2008 Hal. 154-163. | in_ID |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran akuntansi
kurikulum 2013 di Sekolah Menengangah Kejuruan. Jenis penelitian research
and development. Subyek penelitian guru akuntansi SMK di Surakarta. Metode
pengumpulan data, wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan analisis interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data,
data display dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan
sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan pembelajaran
akuntansi kurikulum 2013 yang meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran
akuntansi Kurikulum 2013, pelaksanaan pembelajaran akuntansi kurikulum
2013 dan evaluasi pembelajaran akuntansi kurikulum 2013 belum dilakukan
seluruhnya oleh guru-guru akuntansi. Masih ditemui beberapa kendala yang
dialami guru akuntansi kaitannya dengan penerapan kurikulum 2013
meliputi kesulitan dalam menyusun perangkat pembelajaran Kurikulum
2013, kendala dalam pengelolaan proses pembelajaran akuntansi menggunakan
pendekatan scientific, maupun kesulitan dalam evaluasi otentik. | in_ID |