dc.identifier.citation | Arsyad, Ashar. (2005). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada Abdul Gafur. 2012. Desain Pembelajaran : Konsep, Model, dan Aplikasinya Dalam Pelaksanaan Pembelajaran. Yogyakarta : Ombak Hamalik, Oemar. (1994). Media Pendidikan.Bandung: PT. Citra Aditya Bakti. Ikhsan, M . (2006). PrinsipPembuatan Media Pendidikan-Sebuah Pengantar. 204 http://teknologipendidikan.wordpress.com/2006/03/21/prinsip-pembuatan media-pendidikan-sebuah-pengantar/ Kustandi, C. & Sutjipto, B. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia Masanto, S. (2006). “Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Sebagai Pendukung Pengajaran Mata Diklat PILPT Materi Instalasi Tenaga Motor AC “ Laporan Penelitian tidak diterbitkan. PPS UNY. Pramono, Andi. (2004). Presentasi Multimedia Dengan Macromedia Flash. Yogyakarta: Andi Offset Riduwan. (2005). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfa Beta Sadiman, Arief S dkk. (2005). Media Pendidikan Pengertian, Pembuatan , dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfa Beta Sujana, N dan Rivai, Ahmad. (2005). Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algesindo | in_ID |
dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah merancang, membuat, dan menguji kelayakan
media pembelajaran audio visualyang tepat untuk digunakan sebagai pendukung
pembelajaran Teknologi Sepeda motor khususnya pada materi Overhaul Sepeda
Motor Matic.Desain penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian
pembuatan (Research and Development) yang bertempat di Jurusan Pendidikan
Teknik Otomotif Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Muhammadiyah Purworejo dalam waktu satu tahun. Obyek penelitian ini berupa
pembuatan media pembelajaran interaktif dalam mata kuliah Teknologi Sepeda
Motor khususnya pada materi Overhaul Sepeda Motor Matic. Pengumpulan data
dilakukan menggunakan angket, sedangkan metode yang digunakan untuk
menganalisis data adalah teknik analisis Eksperimen. Hasil penelitian ini 1).
Proses pembuatan media pembelajaran audio-video visual materi overhaul sepeda
motor matic dilakukan melalui beberapa tahab, yaitu: rancangan dan
pengembangan yang meliputi : analisis kebutuhan, desain pembelajaran, dan
desain produk media, evaluasi formatif produk awal dan implementasi produk
akhir; 2) Media pembelajaran audio-video visual materi overhaul sepeda motor
matic secara efektif dapat digunakan sebagai media untuk meningkatkan
pemahaman mahasiswa akan materi overhaul sepeda motor matic. Data nilai kelas
kontrol (III/B) yang disampaikan menggunakan metode konvensional tanpa
menggunakan media pembelajaran audio-video diperoleh nilai rata-rata 73,67.
Sedangkan data nilai kelas eksperimen (III/A) dengan menggunakan media
pembelajaran audio-video Overhaul yang dikembangkan dalam multimedia
diperoleh nilai rata-rata 77. | in_ID |