Show simple item record

dc.contributor.authorSuyahman
dc.date.accessioned2016-06-04T00:58:38Z
dc.date.available2016-06-04T00:58:38Z
dc.date.issued2016-04-02
dc.identifier.citationCony Semiawan, Pendekatan Keterampilan Proses (Jakarta: Gramedia, 1990 Djiwandono, Sri Esti Wuryani, Psikologi Pendidikan (Jakarta: PT Grasindo, 2002) Dede Rosyada, Paradigma Pendidikan Demokratis: sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan (Jakarta: Prenada Media, 2004), hlm. 129 Harjanto, Perencanaan Pengajaran (Jakarta: Rineka Cipta, 2008) Hlm 238. Muhamad Nurdin, Kiat Menjadi Guru Profesional, (Yogyakarta: Arruzz, 2008) Hlm. 17. Rosyada, Dede, Paradigma Pendidikan Demokratis: sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan (Jakarta: Prenada Media, 2004) Sudjana, N. 1989. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo Suharsimi Arikunto, Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi (Jakarta: Rineka Cipta,1990) Semiawan, Cony, Pendekatan Keterampilan Proses (Jakarta: Gramedia, 1990) Slameto, Belajar dan Faktor - Faktor Belajar yang Mempengaruhi (Jakarta: Rineka cipta, 1995). Sri Esti Wuryani Djiwandono, Psikologi Pendidikan (Jakarta: PT Grasindo, 2002 Suherman, Strategi Belajar Efektif (Universitas Pendidikan Indonesia: http://file.upi.edu/Direktori/FIP/ Subyantoro, Penelitian Tindakan Kelas, (Semarang: Widya Karya, 2009) Hlm 1. Tim Pengembang Ilmu Pendidikan, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan (Jakarta: PT. Imtima, 2007) cet.11 Winkel, WS (1997). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : Gramedia.in_ID
dc.identifier.issn2503-4855
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7291
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan mutu pembelajaran PPKn melalui penelitian tindakan kelas. Penelitian ini didasarkan atas banyaknya kompleksnya permasalahan dihadapi oleh guru SD dalam melakukan proses pembelajaran. Hasil pengamatan di lapangan menunjukan proses pembelajaran yang dilakukan oleh para guru terdapat indikator: siswa cepat bosan, , siswa banyak yang mengantuk, siswa tidak termotivasi dan siswa tidak fokus. dampaknya daya serap siswa rendah sehingga prestasi belajarnya juga rendah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas, dengan subjeknya guru kelas V dan objeknya peningkatan mutu pembelajaran PPKn, metode pengumpulan datanya observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakuan dengan trianggulasi sumber data, dan analisis data dilakukan dengan analisis tindakan 2 siklus Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum dilakukan tindakan siklus proses pembelajaran tidak menarik dan tidak memotivasi siswa, siswa banyak ngantuk siswa tidak fokus sehingga daya serap rendah , akan tetapi setelah dilakukan tindakan siklus pembelajaran PPKn menjadi menarik dan tidak membosankan banyak siswa yang bertanya, siswa termotivasi dan siswa fokus pada pembelajaran daya serap siswa menjadi tinggi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas dapat meningkatkan mutu pembelajaran PPkn di kelas V SD StateKartasura 5in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectMutu pembelajaranin_ID
dc.subjectPenelitian Tindakan Kelasin_ID
dc.titlePeningkatan Mutu Pembelajaran PPKn Melalui Penelitian Tindakan Kelas (Studi Kasus di SD Negeri Kartasura 5)in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record