dc.identifier.citation | Cony Semiawan, Pendekatan Keterampilan Proses (Jakarta: Gramedia, 1990 Djiwandono, Sri Esti Wuryani, Psikologi Pendidikan (Jakarta: PT Grasindo, 2002) Dede Rosyada, Paradigma Pendidikan Demokratis: sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan (Jakarta: Prenada Media, 2004), hlm. 129 Harjanto, Perencanaan Pengajaran (Jakarta: Rineka Cipta, 2008) Hlm 238. Muhamad Nurdin, Kiat Menjadi Guru Profesional, (Yogyakarta: Arruzz, 2008) Hlm. 17. Rosyada, Dede, Paradigma Pendidikan Demokratis: sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan (Jakarta: Prenada Media, 2004) Sudjana, N. 1989. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo Suharsimi Arikunto, Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi (Jakarta: Rineka Cipta,1990) Semiawan, Cony, Pendekatan Keterampilan Proses (Jakarta: Gramedia, 1990) Slameto, Belajar dan Faktor - Faktor Belajar yang Mempengaruhi (Jakarta: Rineka cipta, 1995). Sri Esti Wuryani Djiwandono, Psikologi Pendidikan (Jakarta: PT Grasindo, 2002 Suherman, Strategi Belajar Efektif (Universitas Pendidikan Indonesia: http://file.upi.edu/Direktori/FIP/ Subyantoro, Penelitian Tindakan Kelas, (Semarang: Widya Karya, 2009) Hlm 1. Tim Pengembang Ilmu Pendidikan, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan (Jakarta: PT. Imtima, 2007) cet.11 Winkel, WS (1997). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : Gramedia. | in_ID |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan mutu pembelajaran PPKn
melalui penelitian tindakan kelas. Penelitian ini didasarkan atas banyaknya
kompleksnya permasalahan dihadapi oleh guru SD dalam melakukan proses
pembelajaran. Hasil pengamatan di lapangan menunjukan proses pembelajaran
yang dilakukan oleh para guru terdapat indikator: siswa cepat bosan, , siswa
banyak yang mengantuk, siswa tidak termotivasi dan siswa tidak fokus.
dampaknya daya serap siswa rendah sehingga prestasi belajarnya juga rendah.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas, dengan subjeknya guru kelas
V dan objeknya peningkatan mutu pembelajaran PPKn, metode pengumpulan
datanya observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakuan dengan
trianggulasi sumber data, dan analisis data dilakukan dengan analisis tindakan 2
siklus
Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum dilakukan tindakan siklus proses
pembelajaran tidak menarik dan tidak memotivasi siswa, siswa banyak ngantuk
siswa tidak fokus sehingga daya serap rendah , akan tetapi setelah dilakukan
tindakan siklus pembelajaran PPKn menjadi menarik dan tidak membosankan
banyak siswa yang bertanya, siswa termotivasi dan siswa fokus pada
pembelajaran daya serap siswa menjadi tinggi. Penelitian ini menyimpulkan
bahwa penelitian tindakan kelas dapat meningkatkan mutu pembelajaran PPkn di
kelas V SD StateKartasura 5 | in_ID |