dc.contributor.author | Suranto | |
dc.date.accessioned | 2016-06-04T01:00:51Z | |
dc.date.available | 2016-06-04T01:00:51Z | |
dc.date.issued | 2016-04-02 | |
dc.identifier.citation | Atkinson, Rita L dan Atkinson Richard, Edward E Smith & Daryl J Bem.2000.”Pengantar Psikologi Belajar”. Batam:Interaksara Batam Centre Barber.M and M.Mourshed.2007.”How The World’s Best Performing Schools Come Company”. New York, USA Darling-Hammond L.2002.”Teacher Quality and Student Achievement: A Review of States Policy Evidance”. San Frasisco: Jossey Bass Departemen Pendidikan Nasional.2003.”Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional”. Jakarta: Debdiknas Departemen Pendidikan Nasional.2005.”Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen”. Jakarta: Debdiknas Departemen Pendidikan Nasional.2007.”Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 18 Tahun 2007 tentang Sertifikasi Bagi Guru Dalam Jabatan”. Jakarta: Debdiknas Jalal F, M.Samani, M.C.Chang, R,Stevenson, A.B.Ragatz, S.D.Negara. 2009.”Teacher Certification in Indonesia: A Stategy for Teacher Quality Improvement”. Jakarta: Ministery of National Education of Indonesia and World Bank. Kunandar.2007.”Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru”. Jakarta: Raja Grafindo Persada. OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development).2014.”PISA 2012 Result in Focus: What 15-year-olds Know and What They Can Do with What they Know” (online) http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa2012-results.overview.pdf.html diakses tanggal 3 Maret 2016 Lindgren, CH.1976.”An Introduction to Social Psikology 2 Delhi: Wiley Estern Private Limited Mc Clelland.1987.”Human Motivation”. New York: Cambridge Press nd Edition”. New Muhammad Surya.2004.”Psikologi Pembelajaran dan Pendidikan”. Bandung: Pustaka Bani Quraily Mulyasa.2007.”Menjadi Guru Profesional; Meningkatkan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan”. Bandung: Rosdakarya Nur Zulaekha.2011.”Panduan Sukses Lulus Sertifikasi Guru”.Yogyakarta: Pinus Book Publisher Weiner B, 1986.“An Attributional Theory Of Achivment Motivation and Emotion”. New York: Springer-Verlag. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2503-4855 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/7292 | |
dc.description.abstract | Sertifikasi guru adalah proses pemberian sertifikat pendidik kepada guru.
Sertifikat pendidik diberikan kepada guru yang telah memenuhi standar
profesional guru. Guru profesional merupakan syarat mutlak untuk menciptakan
sebuah sistem dan praktik pendidikan yang berkualitas baik. Mahasiswa Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan merupakan calon guru masa depan yang
diharapkan menjadi guru yang profesional. Hal ini berimplikasi kepada tuntutan
mahasiswa FKIP sebagai calon guru, motivasi berprestasi untuk menjadi
mahasiswa terbaik sebagai kriteria calon guru yang professional merupakan sikap
yang harusnya dimiliki oleh mahasiswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak tunjangan sertifikasi
terhadap motivasi berprestasi. Subyek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan
Akuntansi FKIP UMS semester 2 tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 240
mahasiswa. Sampel penelitian ini adalah 80 mahasiswa yang diambil dengan
teknik random sampling. Metode pengambilan data primer dengan menggunakan
angket untuk mengetahui persepsi mahasiswa mengenai sertifikasi guru dan untuk
mengetahui motivasi berprestasi mahasiswa.
Hasil penelitian dengan pengolahan SPSS menunjukkan adanya korelasi positif
dan signifikan antara program sertifikasi guru terhadap motivasi berprestasi. Hasil
SPSS menunjukkan tingkat korelasi sebesar 0,820 (sig 0,00) pada tingkat
signifikasi 5%. Selain itu disimpulkan bahwa dengan adanya tunjangan sertifikasi
meningkatkan jumlah mahasiswa yang mengambil jurusan keguruan, sehingga
meningkatkan daya saing pada mahasiswa. Tunjangan sertifikasi juga
meningkatkan standard professional guru yang dirumuskan Departemen
Pendidikan Nasional setidaknya calon guru harus memiliki kompetensi
pedagogik, kompetensi professional, kompetensi personal dan kompetensi sosial,
sehingga mahasiswa keguruan dituntut untuk berprestasi dan menguasai
kompetensi yang diharapkan. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | sertifikasi guru | in_ID |
dc.subject | motivasi berprestasi mahasiswa | in_ID |
dc.subject | profesionalisme | in_ID |
dc.title | Dampak Program Sertifikasi Guru terhadap Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2015/2016 | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |