Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Seni Tari Melalui “Tebar Pesona” dan PjBL Pada Siswa SMP
Abstract
Pendidikan Seni Budaya diberikan di sekolah karena keunikan, kebermaknaan, dan kebermanfaatan terhadap
kebutuhan perkembangan peserta didik, yang terletak pada pemberian pengalaman estetik dalam bentuk
kegiatan berekspresi/berkreasi dan berapresiasi melalui pendekatan: “belajar dengan seni”, “belajar melalui
seni” dan “belajar tentang seni”. Berdasarkan temuan awal dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 2
Ungaran, peserta didik mengalami kesulitan membuat gerakan pada saat mempelajari materi “Mementaskan
tari berpasangan/kelompok Nusantara”, dibuktikan dengan nilai kelas 8 A hampir lebih dari 60 persen tidak
mencapai KKM.Berdasarkan temuan tersebut maka dalam penelitian ini guru diterapkan pembelajaran
dengan pendekatan “TEBAR PESONA” dan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) atau
pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan rancangan model
siklus terdiri dari Planning, Action, Observation, Reflection. Teknik pengumpulan data observasi,
dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian pembelajaran dengan pendekatan ini dapat meningkatkan hasil belajar
seni tari. Teknik pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar dan memotivasi peserta didik berprilaku
lebih baik. Nilai rata-rata mengalami peningkatan sebesar 8,40 dan prosentasi ketuntasan juga mengalami
peningkatan sebesar 28%. Dari penelitian tersebut, penulis memberikan saran, guru harus mampu
menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan apabila dilakuan penelitian lanjutan, perlu
dikembangkan model pembelajaran yang lain sehingga dapat memancing pengembangan kreativitas siswa.