MODEL PEMBINAAN PENDIDIK PROFESIONAL (Suatu Penelitian dengan Pendekatan Lesson Study pada Guru-Guru Sekolah Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo) Tahun ke 3
Abstract
Tujuan penelitian ini mengkaji dan mendiskripsikan; 1) Validasi model pembinaan guru profesional melalui lesson study untuk mengatasi permasalahan pembelajaran di SD Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo. 2) Validasi model pembinaan guru profesional melalui lesson study untuk mengatasi permasalahan pembelajaran di SMP Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo. 3) Validasi model pembinaan guru profesional melalui lesson study untuk mengatasi permasalahan pembelajaran di SMA, SMK Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo. 4) Model pembinaan guru profesional melalui lesson study untuk mengatasi permasalahan pembelajaran di SD, SMP, SMA, SMK Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif fenomenologi, paradigma penelitian menggunakan definisi sosial yang bergerak pada kajian mikro, lokasi penelitian di Sekolah Muhammadiyah Sukoharjo. Informannya; siswa, guru, Kepala Sekolah, Kepala Dinas Pendidikan, anggota DPR, dan dosen. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teori first order understanding dan second order understanding, sedangkan alur analisis data mengunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Kesimpulan penelitian; 1) Validasi model pembinaan guru profesional melalui lesson study untuk mengatasi permasalahan pembelajaran di SD, SMP, SMA, SMK Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo adalah lesson study modifikasi empat tahap tiga siklus. Terdapat dua validasi lesson study sebagai model pembinaan guru, yaitu: a) Validasi lesson study kelas tertutup. b) Validasi lesson study kelas terbuka. 2) Sistem pendampingan implementasi pembelajaran berbasis lesson study sebagai model pembinaan guru di Sekolah Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo, menggunakan sistem pendampingan dengan 4 pendekatan, yaitu; pendekatan empat tahap tiga siklus, pendekatan saintifik, pendekatan PAKKEM dengan strategi pembelajaran: PjBL (Project Based Learning), PBL (Problem Based Learning), DcL (Descovery Learning), dan pendekatan Kompetensi