• Login
    View Item 
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Kajian Linguistik dan Sastra*
    • Volume 26 No.1, Juni 2014
    • View Item
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Kajian Linguistik dan Sastra*
    • Volume 26 No.1, Juni 2014
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Kemampuan Berpidato Menggunakan Bahasa Jawa Melalui Metode Latihan Secara Intensif

    Thumbnail
    View/Open
    2 - Sodiqul Amin.pdf (151.2Kb)
    Date
    2014-06
    Author
    Amin, Sodiqul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini mengangkat masalah: 1) Bagaimanakah peningkatan kemampuan berpidato menggunakan bahasa Jawa pada siswa kelas IX D di SMP Negeri 1 Polokarto semester II tahun pelajaran 2012/ 2013, 2) Adakah perubahan kemampuan siswa setelah dilakukan pembelajaran berpidato bahasa Jawa dengan metode latihan secara intensif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refl eksi. Data yang diambil dalam penelitian tindakan kelas ini adalah data tes yang berupa tes keterampilan berpidato bahasa Jawa dan data nontes yang berupa hasil pengamatan dan wawancara. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpidato bahasa Jawa siswa kelas IX D mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran dengan metode latihan secara intensif. Pada prasiklus siswa belum mencapai nilai sesuai standar pengukuran nilai yang diharapkan yaitu 75. Nilai ratarata yang diperoleh pada prasiklus sebesar 57,825 atau berada pada kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan siklus I nilai rata-rata keterampilan berpidato bahasa Jawa meningkat 23,28% yaitu menjadi 75,375. Hasil siklus I ternyata belum memenuhi target pencapaian nilai hasil belajar, oleh karena itu dilakukan tindakan siklus II. Nilai rata-rata siklus II sebesar 85,825, artinya ada peningkatan 12,18% dari hasil siklus I. Berdasarkan hasil observasi, dan wawancara yang telah dilakukan, perilaku negatif siswa menjadi positif. Semangat siswa meningkat dan terlihat menikmati pembelajaran. Siswa juga terlihat semangat ketika diminta praktik berpidato bahasa Jawa.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7441
    Collections
    • Volume 26 No.1, Juni 2014

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV