dc.identifier.citation | Das, B.M., Mochtar, N.E, dan Mochtar, I.B., 1985, Mekanika Tanah (Prinsip-prinsip Rekayasa Geoteknik), Jilid I, Erlangga, Jakarta. Das, B.M., Mochtar, N.E, dan Mochtar, I.B., 1985Mekanika Tanah (Prinsip-prinsip Rekayasa Geoteknik), Jilid II, Erlangga, Jakarta. Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga. 2014.Standar Harga Satuan Dasar Konstruksi Dan Analisa Harga Satuan Pekerjaan, Surabaya. Design and Installation of Pressure-Grouted, Drilled Displacement Piles. NeSmith, W.M., 2002, Proceedings of the Ninth International Conference on Piling and Deep Foundations -2002 Nice, France. Wahyudi, Herman. 1999. Daya Dukung Pondasi Dalam. Jurusan Teknik Sipil FTSP ITS, Surabaya Simatupang, P.T., 2008, Modul 1: Jenis Turap dan Turap Kantilever, Rekayasa Pondasi II, Pusat Pengembangan Bahan Ajar UMB, Jakarta. | in_ID |
dc.description.abstract | Jumlah kendaraan di kota Surabaya sudah menembus 3.610.029 unit pada tahun 2009 dan semakin meningkat dari tahun ke tahun dengan pertumbuhan rata-rata 83.798 unit atau terjadi pertambahan kendaraan bermotor sebanyak14.000 per bulan. Pertambahan kendaraan yang sangat besar tersebut tidak diikuti oleh pertambahan volume jalan yang ada. Underpass ini terletak di Jemursari yang menghubungkan bundaran Dolog dan Jalan Ahmad Yani Surabaya.Kawasan Bundaran Dolog merupakan salah satulokasi kemacetan yang ada di Jalan Ahmad Yani.Untuk mengatasi kemacetan ini direncanakan simpang tidak sebidang (overpass atau underpass). Namun dipilih underpass karena lebih sesuai dengan kondisi lapangan dan hasil studi kelayakan yang telah dilakukan sebelumnya. Panjang underpass ini adalah 700 meter dan dibagi menjadi 2 (dua) bagian yaitu underpass tertutup245 meter dan underpass terbuka 455 meter. Lebar jalan yang akan digali selebar 9,5 meter untuk 2 lajur. Ada bagian khusus yaitu sepanjang 10 meter underpass tertutup yang berada dibawah sungai. Dengan adanya sungai ini maka diperlukan penggalian sampai elevasi 9 m, untuk memberikan tinggi bebas sebesar 5,5 meter. Konstruksi dinding penahan pada underpass Jemursari ini diusulkan3 (tiga) alternatif yaitu secantpile, dinding diafragma, dan sheetpile. Dari ketiga alternatif yang diusulkan tersebut disimpulkan bahwa desain dengan kombinasi secant pile dan dinding diafragma adalah type yang paling ekonomis ditinjau dari kebutuhan material yang dipakai. | in_ID |