Desain Nilai CBR Tanah Dasar Jalan Dengan Perbaikan Kapur dan Abu Sekam Padi
Abstract
Kadar air tanah memiliki pengaruh yang besar terhadap kuat dukung tanah dasar jalan baik tanpa stabilisasi maupun dengan stabilisasi. Naskah ini menyajikan hasil kajian pengaruh pencampuran kapur dan abu sekam padi secara terpisah terhadap kuat dukung tanah dalam berbagai kondisi kadar air tanah. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menentukan desain nilai desain CBR tanah yang dicampur dengan kapur dan abu sekam padi.Kadar kapur dan abu sekam padi dalam campuran adalah 2%, 4%, dan 6% dari berat tanah kering yang digunakan. Variasi kadar air tanah untuk desain dibuat antara 16% - 28%. Benda uji dipadatkan dengan metode pemadatan Proctor termodifikasi. Pengujian CBR laboratorium dilakukan dalam kondisi tanpa rendaman setelah benda uji diperam dalam cetakan selama 7 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai CBR cenderung berkurang dengan bertambahnya kadar air tanah baik untuk tanah tanpa stabilisasi dan tanah dengan stabilisasi kapaur atau abu sekam padi.Tanah yang dipadatkan pada kondisi kering, dimana kadar air kurang dari OMC, cenderung menghasilkan nilai CBR yang lebih tinggi daripada tanah yang dipadatkan pada kondisi OMC dan kondisi basah