dc.contributor.author | Faah, Karlina Juliana | |
dc.date.accessioned | 2016-08-08T02:26:18Z | |
dc.date.available | 2016-08-08T02:26:18Z | |
dc.date.issued | 2016-05-25 | |
dc.identifier.citation | Ambar Yuliastuti, 2008, Estimasi Sebaran Keruangan Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor di Kota Semarang, fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Semarang. Aminuddin. Prinsip-Prinsip Riset Operasi. Erlangga. Jakarta, (2005). Putri Haji Ali, dkk., (2013).Aplikasi metode stepping-stone untuk optimasi Perencanaan biaya pada suatu proyek konstruksi (studi kasus: proyek pemeliharaan ruas jalan di Senduk, tinoor, dan ratahan). Jurnal Sipil Statik Vol.1 No.8, Juli 2013. Manado Simbolan, dkk., (2014), Aplikasi Metode Transportasi dalam Optimasi Biaya Distribusi Beras Miskin (Raskin) pada Perum Bulog Sub Divre Medan. Jurnal Saintia Matematika Vol.02, No.03 (2014), pp 299-311. Medan http://hijauku.com/kalkulator/transportasi/#.VvFXjDHp84A | in_ID |
dc.identifier.issn | 2459-9727 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/7496 | |
dc.description.abstract | Transportasi merupakan suatu perpindahan barang/orang dari suatu tempat menuju tempat lainnya. Seiring dengan peningkatan kebutuhan masyarakat maka aktivitas transportasi pun juga meningkat. Hal ini di sebabkan adanya pergerakan menuju daerah pemenuhan kebutuhan yang berbeda-beda. Hal ini menjadikan transportasi sangat penting dalam menunjang aktivitas masyarakat dan turut menentukan perkembangan suatu wilayah. Dengan adanya transportasi yang lancar maka distribusi barang dan jasa juga akan semakin mudah. Namun bukan hanya sekedar memenuhi kebutuhan sosial dan memberikan manfaat ekonomi, saat ini transportasi juga harus memikirkan aspek lingkungan sehingga prinsip transportasikeberlanjutan dapat terwujud. Aktivitas transportasi yang ada bukan saja dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masayarakat saat ini tetapi juga dapat dirasakan oleh generasi mendatang. Kegiatan transportasi yang memberikan dampak terhadap lingkungan antara lain konstruksi infrastruktur transportasi, perjalanan, perakitan perlengkapan tranportasi, pemeliharaan infrastruktur, dan pendukung kendaraan lainnya. Makalah ini bertujuan menghitung simulasi optimalisasi biaya pendistribusian material timbunan pilihan untuk proyek Pekerjaan Jalan Lingkungan Kawasan Kota Kupang dari tiga lokasi sumber material (manulai, Batuplat, Lasiana) menuju 3 (tiga) ruas lokasi Pekerjaan (Belo, BTN kolhua, Manutapen) dan sekaligus menghitung optimalisasi emisi yang dihasilkan dari kendaraan pengangkut tersebut. Metode yang dilakukan yaitu dengan pengumpulan data sekunder serta simulasi biaya dan emisi optimal menggunakan metode transportasi. Adapun optimasi biaya pendistribusian material timbunan pilihan yaitu sebesar Rp.435,637,005.00 dan optimasi emisi CO2 yang dihasilkan kendaraan pengangkut material yaitu sebesar 491.2899 kg. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | optimasi biaya | in_ID |
dc.subject | optimasi emisi | in_ID |
dc.subject | pembangunan berkelanjutan | in_ID |
dc.subject | transportasi | in_ID |
dc.title | Aplikasi Metode Transportasi untuk Optimasi Biaya Serta Emisi pada Pendistribusian Material Proyek Konstruksi Jalan Lingkungan Kawasan Kota Kupang | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |