• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan Praktikum Anatomi Hewan Pendidikan Biologi FKIP UMS Tahun Akademik 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    3.pdf (487.6Kb)
    Date
    2016-08-03
    Author
    Setyaningsih, Endang
    Nugroho, Rio Taufiq
    Prasetyo, Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pemberlakuan jadwal online menyebabkan pembelajaran di praktikum Anatomi Hewan (AH) berubah khususnya pada pelaksanaan praktikumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan praktikum AH dan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kegiatan praktikum AH yang dilaksanakan pada Tahun Akademik (TA) 2013/2014. Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap perencanaan praktikum, sarana prasarana, sumber belajar, pelaksanaan kegiatan dan sistem evaluasi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. untuk perencanaan praktikum sudah dalam kategori baik, tetapi harus lebih ditingkatkan lagi, 2. Untuk sarana dan prasarana termasuk alat dan bahan yang digunakan sudah lengkap dan layak, 3. Sumber belajar yang digunakan harus diperbaharui karena kurang jelas dan terdapat banyak kesalahan, 4. Pelaksanaan kegiatan sudah baik, menarik, disiplin dan meningkatkan kerjasama, tapi untuk waktu disesuaikan dengan preparat yang dihadapi, 5. Sistem evaluasi sudah dapat mengukur kemampuan individu, tapi untuk soal pretes diberi nomor.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7573
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV