Show simple item record

dc.contributor.authorMartani, Bhekti Tulus
dc.contributor.authorMurtiyasa, Budi
dc.date.accessioned2016-09-30T08:47:03Z
dc.date.available2016-09-30T08:47:03Z
dc.date.issued2016-05-16
dc.identifier.citation[1] Aini, Rahmawati Nur & Siswono Tatag Yuli Eko. 2014. “Analisis Pemahaman Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Pada PISA”. MATHedunesa, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 3(2): 158-164. Diakses pada tanggal 11 November 2016 [2] Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara [3] Bani, Asmar. 2011. “Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing, SPS UPI, Bandung”. Edisi Khusus 1: 12-20. Diakses pada tanggal 11 November 2015 [4] Hayat, Bahrul & Yusuf Suhendra. 2010. Mutu Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara [5] Novita, Rita, Zulkardi, Yusuf Hartono. 2012. “Exploring Primary Student’s Problem-Solving Ability by Doing Tasks Like PISA’s Question”. IndoMS, J.M.E 3(2): 133-150. Diakses pada tanggal 11 November 2015 [6] OECD. 2013. PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy, OECD Publishing. Diakses tanggal 26 Oktober 2015. (http://dx.doi.org/10.1787/9789264190511-en). [7] Ramdani, Yani. 2012. “Pengembangan Instrumen Dan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi, Penalaran, Dan Koneksi Matematis Dalam Konsep Integral”. Jurnal Penelitian Pendidikan 13(1): 44-52. Diakses pada tanggal 11 November 2015 [8] Silva, Evi Yosita, Zulkarnadi & Darmowijoyo. 2011. “Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Pada Konten Uncertainty Untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama”. Makalah Pasca Sarjana UNSRI 5(1). Diakses pada tanggal 20 Januari 2016 [9] Sroyer, Agustinus. 2013. “Penalaran Kuantitatif (Quantitative Reasoning) Dalam Pemecahan Masalah Matematika”. Makalah disajikan di Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, pada tanggal 9 November 2013, Pendidikan Matematika FMIPA, UNY. Diakses pada tanggal 11 November 2015 [10] Sumartini, Tina Sri. 2015. “Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah”. Jurnal Pendidikan Matematika 5(1): 1-10. Diakses pada tanggal 17 Maret 2016 [11] Sutama. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Kartasura: Fairuz Media. [12] Wardono & Scholastika Mariani. 2014. “The Realistic Learning Model With Character Education And PISA Assessment To Improve Mathematics Literacy”. International Journal of Education and Research 2(7): 361-372. Diakses pada tanggal 11 November 2015.in_ID
dc.identifier.issn2528-4630
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7577
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal PISA konten quantity yang valid dan praktis dalam bahasa Indonesia serta memiliki efek potensial untuk mengukur penalaran matematis siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (research and development). Penelitian ini memerlukan dua tahap yaitu preliminary dan tahap formative evaluation yang meliputi self evaluation, expert reviews, one-to-one, small group dan field test. Teknik pengumpulan data berdasarkan walktrough, dokumen, tes dan wawancara. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan penilaian. Setelah melalui tahap one-to-one, small group dan validasi secara deskriptif, soal diujicobakan pada tahap field test di kelas IX SMP N 1 Jatiroto. Hasil tes secara keseluruhan dengan nilai rata-rata kemampuan penalaran matematis 68,3, termasuk pada kategori kemampuan penalaran matematis yang baik, walaupun masih ada siswa yang memiliki penalaran matematis cukup dan kurang baik. Namun dari hasil ini juga dapat dikatakan bahwa soal model PISA yang dikembangkan dikategorikan kriteria valid dan praktis serta memiliki efek potensial terhadap penalaran matematis siswa.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectpenalaran matematisin_ID
dc.subjectPISAin_ID
dc.subjectquantityin_ID
dc.subjectsoal matematikain_ID
dc.titlePengembangan Soal Model Pisa Pada Konten Quantity Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis Siswain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record