dc.contributor.author | Haryati, Sri | |
dc.contributor.author | Masduki | |
dc.contributor.author | Kholid, Muhammad Noor | |
dc.date.accessioned | 2016-09-30T08:53:37Z | |
dc.date.available | 2016-09-30T08:53:37Z | |
dc.date.issued | 2016-05-16 | |
dc.identifier.citation | [1] Auzar. 2013. “Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Memahami Bahasa Soal Hitungan Cerita Matematika Murid-murid Kelas 5 SD 006 Pekanbaru”. Jurnal Bahas 8(1): 33-38. [2] Dewi, Sari K., Md Suarjana, dan Md Sumantri. 2014. “Penerapan Polya untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Memecahkan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesa 1(2). [3] Ersoy, Esen dan Pinar Guner. 2015. “The Place Of Problem Solving And Mathematical ThinkingIn The Mathematical Teaching”. Journal of New Horizons in Education 5(1): 120-129. [4] Ferri, Rita Borromeo. 2012. “Mathematical Thinking Styles and Their Influence on Teaching and Learning Mathematics”. Internasional Congress on Mathematical Education. [5] Moleong, Lexy J. 2009. MetodologiPenelitianKualitatif. Bandung: PT RemajaRosdakarya. [6] Porwanto, Muh dan Suroto. 2014. “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Bentuk Soal Cerita pada Pokok Bahasan Peluang SMA Tribhakti Tanggulangin Kelas XII IPS”. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo 2(1): 109-122. [7] Pradika, Leonardo Errick dan Enny Murwaningtyas. 2012. “ Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII I Smp N 1 Karanganyar Dalam Mengerjakan Soalpada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Serta Upaya Remidiasinya Dengan Media Bantu Program CABRI 3D”. Prosiding Seminar Nasional MatematikaPendidikan Matematika dengan tema Kontribusi Pendidikan Matematika danMatematika dalam Membangun karakter Guru dan Siswapada tanggal 10November 2012:538-546 [8] Prasetya, Diayu Nugrahaini Putri dan Teguh Wibowo. 2014. “Bangun Ruang Sisi Datar Analisis Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran”. Jurnal Pendidikan Matematika 12(2): 148-150. Diakses pada 10 November 2015(http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/issue/view/209). [9] Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. [10] Sutama. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. (Cet. IV). Surakarta: Fairus Media. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2528-4630 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/7578 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan gaya berpikir matematika siswa dalam penyelesaian soal cerita. Jenis penelitian merupakan penelitian kualitatif. Waktu penelitian pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Subjek penelitian guru dan siswa SMP Negeri 1 Kunduran. Teknik pengumpulan data observasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data dengan metode tiga alur. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menyatakan (1) Siswa yang memiliki gaya berpikir analitik dalam menyelesaikan soal khususnya bangun ruang sisi datar cenderung lebih suka menyelesaikan soal menggunakan rumus dengan mengubah kedalam bentuk kalimat matematika, hal tersebut dikarenakan siswa tidak suka menggambar; (2) Siswa yang memiliki gaya berpikir visual dalam menyelesaikan soal khususnya bangun ruang sisi datar cenderung menggunakan gambar terlebih dahulu karena suka menggambar dan tidak suka untuk menghafal rumus; (3) Siswa yang memiliki gaya berpikir terintegrasi dalam menyelesaikan soal cerita bangun ruang sisi datar dapat menggunakan kedua cara tersebut ada yang menggunakan gambar dan ada yang menggunakan rumus. Namun, siswa tersebut cenderung menggunakan rumus terlebih dahulu baru kemudian diperjelas menggunakan gambar | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | gaya berpikir matematika | in_ID |
dc.subject | soal cerita | in_ID |
dc.title | Gaya Berpikir Matematika Siswa Dalam Penyelesaian Soal Cerita | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |