Show simple item record

dc.contributor.authorFitriana, Nur Afni
dc.contributor.authorSumardi
dc.date.accessioned2016-09-30T08:58:58Z
dc.date.available2016-09-30T08:58:58Z
dc.date.issued2016-05-16
dc.identifier.citation[1] Awan, Riffat-Un-Nisa, Ghazala Noureen and Ibu Anjum Naz. 2011. “A Study of Relationship between Achievement Motivation, Self Concept and Achievement in English and Mathematics at Secondary Level.” International Education Studies 4(3): 72-79. doi:10.5539/ies.v4n3p72. [2] Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2011. “TIMSS (Trends in International Mathematics and Science Study).” Jakarta. Diakses pada 21 November 2015 (http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/timss). [3] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press. [4] Izuddin, Syarif. 2012. “Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMK”. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2): 234 – 249. [5] Munroe, L. 2015. “The Open-Ended Approach Framework.” European Journal of Educational Research, 4(3): 97-104. [6] Murni. 2013. “Open-Ended Approach in Learning to Improve Students Thinking Skills in Banda Aceh.” International Journal of Independent Research and Studies, 2(2): 95-101. [7] Radar Lampung. 2015. “Nilai UN Turun 3 Persen”. Diakses pada 16 Desember 2015 (http://radarlampung.co.id/read/berita-utama/84900-nilai-un-smp-turun-3-persen). [8] Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta. [9] Sutama, 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Surakarta: Fairuz Media. [10] Taufik, Muhammad. 2014. “Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMAN 5 Mataram.” Jurnal AgriSains 5(1): 58-86.in_ID
dc.identifier.issn2528-4630
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7579
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh yang signifikan pendekatan Open-Ended dan Contextual Teaching and Learning terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh yang signifikan motivasi siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi pendekatan pembelajaran dan motivasi siswa terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Populasi dan sampel penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Gatak. Teknik sampling menggunakan sampel sensus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian dengan α = 5% adalah (1) ada pengaruh yang signifikan pendekatan Open-Ended dan Contextual Teaching and Learning terhadap prestasi belajar matematika, (2) ada pengaruh yang signifikan motivasi siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) tidak ada interaksi pendekatan pembelajaran dan motivasi siswa terhadap prestasi belajar matematika.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectpendekatan open-endedin_ID
dc.subjectCTLin_ID
dc.subjectprestasi belajar matematikain_ID
dc.subjectmotivasi siswain_ID
dc.titleEksperimen Pembelajaran Dengan Pendekatan Open-Ended dan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Siswain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record