dc.contributor.author | Fitriana, Nur Afni | |
dc.contributor.author | Sumardi | |
dc.date.accessioned | 2016-09-30T08:58:58Z | |
dc.date.available | 2016-09-30T08:58:58Z | |
dc.date.issued | 2016-05-16 | |
dc.identifier.citation | [1] Awan, Riffat-Un-Nisa, Ghazala Noureen and Ibu Anjum Naz. 2011. “A Study of Relationship between Achievement Motivation, Self Concept and Achievement in English and Mathematics at Secondary Level.” International Education Studies 4(3): 72-79. doi:10.5539/ies.v4n3p72. [2] Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2011. “TIMSS (Trends in International Mathematics and Science Study).” Jakarta. Diakses pada 21 November 2015 (http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/timss). [3] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press. [4] Izuddin, Syarif. 2012. “Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMK”. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2): 234 – 249. [5] Munroe, L. 2015. “The Open-Ended Approach Framework.” European Journal of Educational Research, 4(3): 97-104. [6] Murni. 2013. “Open-Ended Approach in Learning to Improve Students Thinking Skills in Banda Aceh.” International Journal of Independent Research and Studies, 2(2): 95-101. [7] Radar Lampung. 2015. “Nilai UN Turun 3 Persen”. Diakses pada 16 Desember 2015 (http://radarlampung.co.id/read/berita-utama/84900-nilai-un-smp-turun-3-persen). [8] Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta. [9] Sutama, 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Surakarta: Fairuz Media. [10] Taufik, Muhammad. 2014. “Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMAN 5 Mataram.” Jurnal AgriSains 5(1): 58-86. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2528-4630 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/7579 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh yang signifikan pendekatan Open-Ended dan Contextual Teaching and Learning terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh yang signifikan motivasi siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi pendekatan pembelajaran dan motivasi siswa terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Populasi dan sampel penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Gatak. Teknik sampling menggunakan sampel sensus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian dengan α = 5% adalah (1) ada pengaruh yang signifikan pendekatan Open-Ended dan Contextual Teaching and Learning terhadap prestasi belajar matematika, (2) ada pengaruh yang signifikan motivasi siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) tidak ada interaksi pendekatan pembelajaran dan motivasi siswa terhadap prestasi belajar matematika. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | pendekatan open-ended | in_ID |
dc.subject | CTL | in_ID |
dc.subject | prestasi belajar matematika | in_ID |
dc.subject | motivasi siswa | in_ID |
dc.title | Eksperimen Pembelajaran Dengan Pendekatan Open-Ended dan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Siswa | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |