Peningkatan Penguasaan Konsep dan Hasil Belajar Matematika Melalui Implementasi Model Penilaian Portofolio Berbasis Lesson Study di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep dan hasil belajar matematika siswa kelas IX A SMP Muhammadiyah 1 Kartasura melalui implementasi model penilaian portofolio berbasis lesson study. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Teknik pengumpulan data antara lain menggunakan observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pertama, implementasi model penilaian portofolio dapat meningkatkan penguasaan konsep dan hasil belajar matematika siswa kelas IX A SMP Muhammadiyah 1 Kartasura. Kedua, peningkatan penguasaan konsep dan hasil belajar matematika yaitu 1) siswa yang mampu mengetahui ciri-ciri suatu konsep siklus I sebanyak 17 siswa (56,67%), siklus II meningkat menjadi 19 siswa (63,33%), 2) siswa yang mampu mengenal beberapa contoh dan bukan contoh dari konsep siklus I sebanyak 6 siswa (20%), siklus II meningkat menjadi 26 siswa (86,67%), 3) siswa yang dapat menggunakan hubungan antar konsep siklus I sebanyak 5 siswa (16,67%), siklus II meningkat menjadi 21 siswa (70%), 4) siswa yang dapat menggunakan konsep untuk menyelesaikan masalah matematika siklus I sebanyak 12 siswa (40%), siklus II meningkat menjadi 15 siswa (50%), 5) Nilai rata-rata kelas pada akhir siklus II sebesar 77,3 dengan presentase siswa lulus KKM 80%.