Dampak Model Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh yang signifikan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Jigsaw terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Jigsaw dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eskperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta tahun 2015/2016. Sampel dari penelitian ini dua kelas yaitu kelas VIIB dan VIIC. Teknik pengambilan sampel dengan sampling acak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Jigsaw terhadap prestasi belajar matematika dengan FA = 4.700 > Ftabel = 4.07, (2) adanya pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan FB = 4.196 > Ftabel = 3.22, (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Jigsaw dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan FAB = 1.116 < Ftabel = 3.22.