dc.contributor.author | Septiana, Anggrahiny Clara | |
dc.contributor.author | Ariyanto | |
dc.date.accessioned | 2016-10-05T01:22:54Z | |
dc.date.available | 2016-10-05T01:22:54Z | |
dc.date.issued | 2016-05-15 | |
dc.identifier.citation | Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Dimyati, Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran .Jakarta: Rineka Cipta. Marina, Putriyanti. 2012.“Peningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Open Ended.”E-jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya(1) 6 : 192-212. Nawi, M. 2012. Hal 84.“Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Penalaran Formal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas (SWASTA) Al Ulum Medan.” Jurnal Tabularasa PPS Unimed 1(9): 81 – 96. Rohendi, Dedi., Waslaluddin., Sri Putri Ayu. 2010. “penerapan cooperative learning tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII dalam pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi.” Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (PTIK) 3(1).Diaksespada 7 Oktokber 2015(http://www.preoritaspendidikan.org/PTIK/Vol-3/Version-1/Jurnal.pdf). Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor – faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka cipta. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2528-4630 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/7589 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD)danMake A Matchterhadap hasil belajar siswa, (2) Pengaruh keaktifan terhadap hasil belajar siswa, (3) Pengaruh penggunaan bersama strategi pembelajaran dan keaktifan terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester gasal SMP Negeri 1 Teras tahun ajaran 2015/2016. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 64 siswa, yang terdiri dari 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data melalui tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil yang diperoleh dari analisis data dengan taraf signifikansi α = 5% yaitu: (1) Terdapat pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. (2) Terdapat pengaruh keaktifan siswa terhadap hasil belajar siswa. (3) Tidak terdapat interaksi strategi pembelajaran dan keaktifan terhadap hasil belajar siswa. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | keaktifan siswa | in_ID |
dc.subject | make a match | in_ID |
dc.subject | STAD | in_ID |
dc.title | Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Student Team Achievement Division (STAD) dan Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Keaktifan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Teras Tahun Ajar 2015/2016 | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |