Pengaruh Pembelajaran Role Play dan Guided Discovery Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa
dc.contributor.author | Astuti, Endah DP | |
dc.contributor.author | Sutarni, Sri | |
dc.date.accessioned | 2016-10-05T01:32:29Z | |
dc.date.available | 2016-10-05T01:32:29Z | |
dc.date.issued | 2016-05-15 | |
dc.identifier.citation | Budiono. (2009). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press. Firdaus. (2014). The Effect Model To Learn Guided Discovery Learning On The Result Study Of Mathematic In Students Class. Hanri, E. (2012). Magister: Implementasi Guided Discovery Dalam Pembelajaran PAI online. Diakses pada 4 Oktoer 2015. (105112083). Oktavianty, Erwina. (2011). Role Playing Pada Perkuliahan Fisika Lingkungan Sub Bahasan Pencemaran. Jurnal Pendidikan Matemtika dan IPA, 2(2) Agustus 2011. Primasari, Rustiana. (2011). Penggunaan Model Role Play untuk Peningkatan Pembelajaran Matematika. Pesan dikirim ke http://www.jurnal.edumat.edu/. Diakses pada 4 Oktober 2015. Rohani, Ahmad. (2010). Pengelolaan Pengajaran (Sebuah Pengantar Menuju Guru Profesional). Jakarta: Rineka Cipta. Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. Soemanto, Wasty. (2006). Psikologi Pendidikan (Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan). Jakarta: Rineka Cipta. Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sutama, (2015). Metode Penelitian pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D). Kartasura: Fairuz Media. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2528-4630 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/7590 | |
dc.description.abstract | Rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura, serta penggunaan strategi pembelajaran yang monoton dengan minimnya fasilitas pembelajaran membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian. Tujuan penelitian ada tiga. (1) mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Role Play dan Guided Discovery terhadap hasil belajar matematika. (2) Mengetahui pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. (3) Mengetahui efek interaksi antara strategi pembelajaran yang digunakan dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura. Sampel penelitian dua kelas yaitu kelas VIII D dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa, dan kelas VIII E dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan sampel Cluster random sampling yang dilakukan dengan cara undian untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan metode tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisi data menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama. Hasil penelitian dengan α = 5%. (1) Tidak ada pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar matematika. (2) Ada pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. (3) Tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | aktivitas belajar siswa | in_ID |
dc.subject | hasil belajar matematika | in_ID |
dc.subject | role play | in_ID |
dc.subject | guided discovery | in_ID |
dc.title | Pengaruh Pembelajaran Role Play dan Guided Discovery Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa | in_ID |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 2 2016
Transformasi Pola Pikir Pendidikan Matematika Menuju Generasi Emas Indonesia