dc.contributor.author | Sutaryono, Mega Astuti | |
dc.contributor.author | Khotimah, Rita Pramujiyanti | |
dc.date.accessioned | 2016-10-05T01:39:17Z | |
dc.date.available | 2016-10-05T01:39:17Z | |
dc.date.issued | 2016-05-15 | |
dc.identifier.citation | Abdi, Jhon. Ikhsan, M. dan Marwan. 2013. “Meningkatkan kemampuan siswa sekolah menengah atas dalam menyelesaikan soal matematika setara pisa melalui pendekatan konstruktivisme”, Jurnal Peluang, 1 (2): 51- 62 Hardini, dkk. 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta : Familia Hasibuan, Irwan, dan Mirna. 2014. "Penerapan Metode Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika Kelas Xi Ipa Sman 1 Lubuk Alung". Jurnal Pendidikan Matematika/ Vol. 3 No. 1, 38-44 Ismail, S. dan A. Atan. 2011. “Aplikasi Pendekatan Penyelesaian Masalah Dalam pengajaran Mata Pelajaran Teknikal dan Vokasional di Fakulti Pendidikan UTM“. Journal of Educational Psychology and Counseling/ Vol. 2 No. 1, 113-144. Permana, Yanto dan Sumarno, Utari. 2007. “ Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah“, Educationist, 1(2): 116- 123, ISSN : 1907- 8838 Rusmono 2014. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu perlu?. Bogor: Ghalia Indonesia Tung, Khoe Yao.2015. Pembelajaran dan perkembangan belajar. Jakarta: PT Indeks Wena, Made. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta. Bumi Aksara Yamin, Martinis. 2013. Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Group) | in_ID |
dc.identifier.issn | 2528-4630 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/7591 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika berbasis PISA dengan subjek siswa kelas XI OC SMK Muhammadiyah Kartasura tahun ajaran 2015/2016 melalui strategi Problem Based Learning. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemecahan masalah berbasis PISA dilihat dari: 1. Menunjukkan pemahaman masalah berbasis PISA dari sebelum tindakan 5 siswa (22,73 %) setelah tindakan meningkat menjadi 13 siswa (59,09%) 2. Memilih pendekatan dan metode pemecahan masalah berbasis PISA secara tepat dari sebelum tindakan 3 siswa (13,64 %) setelah tindakan meningkat menjadi 13 siswa (59,09%) 3. Menyelesaikan masalah berbasis PISA dari sebelum tindakan 6 siswa (27,27 %) setelah tindakan meningkat menjadi 14 siswa (63,64%). Berdasarkan uraian diatas disimpulkan bahwa penerapan strategi Problem Based Learning dapat meningkatkan pemecahan masalah matematika berbasis PISA | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | pemecahan masalah | in_ID |
dc.subject | PISA | in_ID |
dc.subject | Problem Based Learning | in_ID |
dc.title | Peningkatan Pemecahan Masalah Matematika Berbasis Pisa Melalui Penerapan Problem Based Learning (PTK Siswa Kelas XI Semester Genap SMK Muhammadiyah Kartasura) | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |