Penelitian Hasil Belajar Matematika dengan Strategi Jigsaw dan Bamboo Dancing Serta Motivasi Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan
dc.contributor.author | Fitriana, Laela | |
dc.contributor.author | HW, Slamet | |
dc.date.accessioned | 2016-10-05T01:46:36Z | |
dc.date.available | 2016-10-05T01:46:36Z | |
dc.date.issued | 2016-05-15 | |
dc.identifier.citation | Budiyono. 2009. Statistika Dasar Untuk Penelitian. Surakarta: FKIP UNS. Gurria, Angel. 2014. “PISA 2012 Result in Focus” (online), (http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-result-overview.pdf, diakses tanggal 26 Februari 2016). Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Ibrahim dan Suparni. 2009. Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Teras. Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning. Jakarta: PT Grasindo. Mengduo, Qiao., Jin Xiaoling. 2010. “Jigsaw Strategi as a Cooperative Learning Technique: Focusing on The Language Learners”. Chinese Journal of Applied Linguistics (Bimonthly), 33(4). Nawi, M. 2012. “Pengaruh Strategi pembelajaran dan Kemmapuan Penalaran Formal terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas (SWASTA)AL ULUM Medan”. Tabularasa PPS UNIMED, 9 (1): 81-96. Sudrajat, Akhmad. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo Sutama. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Kartasura: Fairuz Media. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2528-4630 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/7592 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh strategi pembelajaran Jigsaw dan Bamboo Dancing terhadap hasil belajar. (2) pengaruh motivasi siswa terhadap hasil belajar. (3) interaksi antar strategi pembelajaran Jigsaw dan Bamboo Dancing serta motivasi terhadap hasil belajar. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Sampel penelitian diambil dengan Cluster random sampling dari populasi seluruh siswa kelas X SMK Negeri 9 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data dengan teknik angket, tes dan dokumentasi. Sebelum dilakukan analisis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data dengan analisis variansi dua jalan sel tak sama dengan α=5%. Hasil penelitian ini diperoleh: (1) ada pengaruh strategi pembelajaran Jigsaw dan Bamboo Dancing terhadap hasil belajar, strategi pembelajaran Jigsaw lebih baik daripada strategi pembelajaran Bamboo Dancing(2) tidak ada pengaruh motivasi siswa terhadap hasil belajar. (3) tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran Jigsaw dan Bamboo Dancing serta motivasi terhadap hasil belajar. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | bamboo dancing | in_ID |
dc.subject | hasil belajar | in_ID |
dc.subject | jigsaw | in_ID |
dc.subject | motivasi siswa | in_ID |
dc.title | Penelitian Hasil Belajar Matematika dengan Strategi Jigsaw dan Bamboo Dancing Serta Motivasi Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 2 2016
Transformasi Pola Pikir Pendidikan Matematika Menuju Generasi Emas Indonesia