dc.contributor.author | Aini, May Syarah Nur | |
dc.contributor.author | Sutarni, Sri | |
dc.contributor.author | Kholid, Muhammad Noor | |
dc.date.accessioned | 2016-10-05T02:41:34Z | |
dc.date.available | 2016-10-05T02:41:34Z | |
dc.date.issued | 2016-05-15 | |
dc.identifier.citation | [1] Faturrahman, dkk. 2012. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustakaraya. [2] Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia. [3] Johar, Rahmah. 2014. “Model-Model Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 untuk Mengembangkan Kompetensi Matematis dan Karakter Siswa.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. [4] Kuspriyanto, Budi dan Siagian, Sahat. 2013. Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Teknologi Pendidikan 6 (2): 1979-6692. [5] Padmavathy dan Mareesh K. 2013. Effectiveness of Problem Based Learning In Mathematics.International Multidisciplinary e-Journal 2 (1): 2277 – 4262. [6] Rahman, Risqi. 2012. Hubungan Antara Self-Concept Terhadap Matematika dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung 1 (1). [7] Rosdianwinata, Eka. 2015. Penerapan Metode Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mathla’ul Anwar Banten 2 (1): 2443-1435. [8] Sahrudin, Asep. 2014. Implementasi Strategi Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan UNSIKA 2 (1): 2338-2996. [9] Setiadi, Hari, Mahdiansyah, dkk. 2012. Kemampuan Matematika Siswa SMP Indonesia Menurut Bechmark Internasional TIMSS 2011. Jakarta: TIM Puspendik. [10] Siswono, Tatag Yuli Eko. 2009. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Artikel DosenFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Diakses tanggal 27 September 2015 (http://suaraguru.wordpress.com). [11] Yusro, M dan Rusmono. 2012. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kecemasan Terhadap Hasil Belajar Matematika. Seminar Internasional. Prodi Pendidikan Teknik Elektronika FT-UNJ: 1907-2066. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2528-4630 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/7598 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan strategi Discovery Learning (DL) terhadap hasil belajarmatematika, (2) pengaruh tingkat kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajarmatematika, (3) interaksi antara strategi Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning (DL) serta tingkat kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajarmatematika.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain eksperimental semu.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genapMTs Negeri Surakarta II tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling.Pengumpulandata menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalur dengan sel tak sama dengan taraf signifikan 5 %. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Hasil belajar matematika siswa yang dikenai strategi pembelajaran PBL lebih baik dibandingkan strategi pembelajaran DL, (2) Hasil belajar matematika siswa yang mempunyai tingkat kemampuan berpikir kreatif tinggi lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang mempunyai tingkat kemampuan berpikir kreatif sedang dan rendah, serta hasil belajar matematika siswa yang mempunyai tingkat kemampuan berpikir kreatif sedang lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang mempunyai tingkat kemampuan berpikir kreatif rendah(3) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran PBLdan DLditinjau dari kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap hasil belajar matematika | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | discovery learning | in_ID |
dc.subject | hasil belajar matematika | in_ID |
dc.subject | kemampuan berpikir kreatif | in_ID |
dc.subject | problem based learning | in_ID |
dc.title | Dampak Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Matematika | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |