Dukungan Fasilitas dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Matematika di SMP
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan menguji: (1) Dukungan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar matematika; (2) Dukungan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar matematika; (3) Dukungan fasilitas belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIB-VIIID yang berjumlah 94. Sampel dalam penelitian ini diambil 74 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan metode dokumentasi. Prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinieritas dan uji keberartian. Sedangkan uji hipotesis yang digunakan adalah regresi linear ganda, uji t, uji F, uji determinasi, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil penelitian: (1) Fasilitas belajar memberi dukungan positif terhadap prestasi belajar matematika, dengan α=0,05 dan sumbangan efektif sebesar 11,2%. (2) Lingkungan keluarga memberi dukungan positif terhadap prestasi belajar matematika, dengan α=0,05 dan sumbangan efektif sebesar 16,3%. (3) Fasilitas belajar dan lingkungan keluarga bersama-sama memberi dukungan positif terhadap prestasi belajar matematika, dengan α=0,05 dan R^2=27,5%.