Show simple item record

dc.contributor.authorWibowo, Rohmad Ari
dc.contributor.authorSutama
dc.date.accessioned2016-10-06T01:23:11Z
dc.date.available2016-10-06T01:23:11Z
dc.date.issued2016-05-15
dc.identifier.citation[1] Alawiyah, Tuti. (2014). Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematik. Dalam prosiding seminar nasional pendidikan matematika Vol 1, tahun 2014 ISSN 2355-0473 [2] A.M, Budiyanto. (2014).Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Dan Kreatif Matematika Serta Kemandirian Belajar Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Dalam prosiding seminar nasional pendidikan matematika Vol 1, tahun 2014 ISSN 2355-0473 [3] Elia R, Iis Sri. (2014). Komunikasi Dalam Pembelajaran Matematika. Dalam prosiding seminar nasional pendidikan matematika Vol 1, tahun 2014 ISSN 2355-0473 [4] Gantinah, Tiktik. (2014).Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Koneksi Matematis Serta Kemandirian Belajar Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Dalam prosiding seminar nasional pendidikan matematika Vol 1, tahun 2014 ISSN 2355-0473 [5] Goetz, Jane. (2004). Top Ten Thoughts about Communication in Mathematics (online), (http://www.kent.kl2.wa.us/KSD/15/Communication_in_math 2004. html, diakses tanggal 3 Maret 2016). [6] Indarti, Sri Mari. (2014).Peran Kemampuan Komunikasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis Serta Kemandirian Belajar Siswa SMA Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah. Dalam prosiding seminar nasional pendidikan matematika Vol 1, tahun 2014 ISSN 2355-0473 [7] Mahmudi, Ali. (2009). Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal MIPMIPA UNHALU, Vol.8 No.1 :1-10 [8] Putra, Sitiatava Rizema. (2013). Desain belajar mengajar kreatif berbasis sains. Jogjakarta: Diva press [9] Ramdani, Yani. (2012).Pengembangan instrumen dan bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, penalaran dan koneksi matematis dalam konsep integral. Dalam jurnal penelitian pendidikan Vol. 13 No.1 :44-52 April 2012 [10] Supriyanto, Agus. (2014).Penguatan Kemampuan Komunikasi Matematis Sebagai Landasan Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa. Dalam prosiding seminar nasional pendidikan matematika Vol 1, tahun 2014 ISSN 2355-0473 [11] Sutama. (2014). Penelitian tindakan: PTK,PTS dan PTBK. Kartasura: Fairuz media [12] Sutama.dkk. (2013).Pembelajaran kontekstual Matematika Berdasarkan Lesson Study Dapat Meningkatkan Studi Komunikasi. Dalam Jurnal Penelitian Pendidikan Vol.5 No.4:48-60 [13] Umar, Wahid. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung Vol. 1 No. 1: 1-9,Februari 2012 ISSN: 2089-6867in_ID
dc.identifier.issn2528-4630
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7614
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika siswa kelas X TEI ( Teknik Elektronika Industri ) SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo dengan strategi Problem Based Learning. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Siswa kelas X TEI dengan jumlah 35 siswa bertindak subyek sebagai penerima tindakan. Guru matematika sebagai subyek pelaku tindakan, kepala sekolah serta staf pengajar sebagai subyek pembantu. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data dilakukan dengan cara metode observasi, tes, catatan lapangan, serta dokumentasi. Teknik analisis data dimulai sejak tindakan kelas sampai penelitian berakhir. Sumber data dari siswa, guru, dan dokumen-dokumen lain yang berhubungan dengan fokus penelitian. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematika terhadap pembelajaran matematika. peningkatan tersebut dapat dilihat dari aspek lisan (mampu bertanya, menjawab dan menyimpulkan) dari (17,14%) menjadi (71,43%), aspek tertulis (mampu menyatakan hasil dan menggunakan simbol matematika secara tepat) dari (22,86%) menjadi (71,43%), aspek gambar (mampu mengubah permasalahan ke dalam ilustrasi penyelesaian) dari (20,00%) menjadi (68,57%), aspek menjelaskan konsep (mampu menjelaskan solusi matematika) dari (22,86%) menjadi (77,14%).in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectproblem based learningin_ID
dc.subjectkomunikasiin_ID
dc.subjectmatematikain_ID
dc.titlePeningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika dengan Strategi Problem Based Learning di SMKin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record