Show simple item record

dc.contributor.authorYunitasari, Utika Widi
dc.contributor.authorAriyanto
dc.date.accessioned2016-10-06T01:27:08Z
dc.date.available2016-10-06T01:27:08Z
dc.date.issued2016-05-15
dc.identifier.citation[1] Alisah, Evawati dan Eko Prasetyo Dharmawan. 2007. Filsafat Dunia Matematika. Jakarta: Prestasi Pustaka. [2] Biseri, Hasan dan Bambang Soerjono. 2014. “Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning dengan Menciptakan Ruang yang Kondusif untuk Membangun Sugesti Siswa.” Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo 2(1). Diakses pada 06 Oktober 2015 (http://lppm.stkippgri-sidoarjo.ac.id/files/Meningkatkan-Minat-Belajar-Matematika-Siswa Melalui-Penerapan-Model--Pembelajaran-Quantum-Learning-Dengan-Menciptakan-Ruang-Yang-Kondusif--Untuk-Membangun-Sugesti-Siswa.pdf). [3] Chu, Shan Ying. 2014. “Application of the Jigsaw Cooperative Learning Method in Economics Course”. International Journal of Managerial Studies and Research (IJMSR) 2(10). Diakses pada 23 Februari 2016 (https://www. arcjournals.org/pdfs/ijmsr/v2-i10/17.pdf). [4] Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. [5] Hakim, Suardi. 2014. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.” Jurnal Nalar Pendidikan Universitas Negeri Makassar 2(2). Diakses pada 28 Oktober 2015 (http://ojs.unm.ac.id/index.php/nalar/article/view/1189). [6] Haryadi, Dedy, Mujiyem Sapti, dan Puji Nugraheni. 2014. “Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran TGT.” Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo 11(2). Diakses pada 28 Oktober 2015 (ejournal.umpwr.ac.id/ index.php/ ekuivalen/article/view/1603). [7] Kartika, Hendra. 2014. “Pembelajaran Matematika Berbantuan Software Matlab sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Minat Belajar Siswa SMA.” Jurnal Pendidikan Universitas Singaperbangsa Karawang 2(1). Diakses pada 24 September 2015 (http://journal.unsika.ac.id/ index.php/ judika/article/view/119). [8] Moleong, Lexy J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya. [9] Naomi, Mbacho W. Dan Bernard Nyingi Githua. 2013. “Effects of Jigsaw Cooperative Learning Strategy on Students’ Achievement in Secondary School Mathematics in Laikipia East District, Kenya.” Asian Journal of Management Sciences and Education 2(3). Diakses pada 24 September 2015 (http://www.ajmse.leenaluna.co.jp/ AJMSEPDFs/Vol.2(3)/AJMSE20 13(2.3-18).pdf.). [10] Ningsih, Dina Srikandi. 2014. “Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa SMK Negeri 3 Meulaboh Tahun 2013/ 2014.” Jurnal Pendidikan Matematika Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bina Bangsa Meulaboh 1(1). Diakses pada 06 Oktober 2015 (ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/ mtk/index). [11] Rejeki, Ning Endah Sri. 2009. “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas VII G Semester 2 SMP Negeri 2 Toroh Grobogan.” Jurnal Lemlit Universitas PGRI Semarang 3(2). Diakses pada 24 September 2015 (http://ejurnal. upgrismg.ac.id/index.php/mediapenelitianpen didikan/article/view/294/261). [12] Sugianto, Dian Armanto dan Mara Bangun Harahap. 2014. “Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan STAD Ditinjau dari Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa SMA.” Jurnal Didaktik Matematika 1(1). Diakses pada 21 Maret 2016 (http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/download/1342/1223). [13] Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. [14] Suroto. 2012. “Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Tipe Jigsaw pada Materi Prisma dan Limas Kelas VIII.” Jurnal of Primary Education 1(1). Diakses pada 21 Maret 2016 (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article /download/57/46). [15] Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe dan Sekar Ayu Aryani. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.in_ID
dc.identifier.issn2528-4630
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7615
dc.description.abstractTujuan penelitian ini untuk meningkatkan minat belajar matematika melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Subjek penelitian ini adalah Endang Dwiyani, S.Pd selaku guru matematika kelas XI AK 1 SMK N 1 Banyudono yang bertindak sebagai subjek yang memberikan tindakan, Kepala SMK N 1 Banyudono sebagai subjek yang membantu dalam pengumpulan data, sedangkan siswa kelas XI AK 1 SMK N 1 Banyudono Tahun Ajaran 2015/ 2016 yang berjumlah 36 siswa perempuan sebagai subjek peneliti yang menerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tiga tahap yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah a) peningkatan antusias siswa dalam kegiatan pembelajaran dari 27,78 % menjadi 60%, b) peningkatan jumlah siswa bertanya tentang materi yang belum jelas dari 8,33% menjadi 42,86%, dan c) peningkatan partisipasi siswa dalam kelompok dari 19,44% menjadi 54,28%.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectjigsawin_ID
dc.subjectkooperatifin_ID
dc.subjectminat belajar matematikain_ID
dc.titlePeningkatan Minat Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsawin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record