Show simple item record

dc.contributor.authorKusuma, Heri
dc.contributor.authorMasduki
dc.date.accessioned2016-10-06T01:34:40Z
dc.date.available2016-10-06T01:34:40Z
dc.date.issued2016-05-15
dc.identifier.citation[1] Herdian. 2010. Definisi Pemahaman dan Pengelompokannya. Diakses pada tanggal 7 Oktober 2015, dari http://herdian.blogspot.co.id/2010/05/ Definisi-Pemahaman-dan-Pengelompokannya.html [2] Sutarno, Muhammad. 2012. Definisi dan Aspek-aspek Pemahaman. Diakses pada tanggal 9 Oktober 2015, dari http://Sutarno28.wordpress.com/2012/02/ Definisi-dan-aspek-aspek-pemahaman.html [3] Skemp, R. Richard. 1997. “Relational Understanding and Instrumental Understanding.” Mathematics teaching 77(20-26) [4] Inaltun, H., dan Altes. 2015. “Investigating Relationships among Pre-Service Science Teachers’ Conceptual Knowledge of Electric Current, Motivational Beliefs and Self-Regulation.” Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education 11(6): 1657-1676. doi: 10.12973/eurasia.2015.1494a. [5] Mahir, Nevin. 2009. “Conceptual and Procedural Performance of Undergraduate Students in Intregation.” International Journal of Mathematical Education in Science and Technology 40(2): 201-211. doi: 10.1080/00207390802213591. [6] Zuldarifal, dan Lahir. 2012. Penelitian Kualitatif. Surakarta: Yuma Pustaka. [7] Rittle-Jhonson, B. dan Jon R. Star. 2014. “Does Comparing Solution Methods Facilitate Conceptual and Procedural Knowledge? An Experimental Study on Learning to Solve Equations.” Journal of Educational Psychology 99(3): 561-574. doi: 10.1037/0022-0663.99.3.561. [8] Schneider, dkk. 2011. “Relations Among Conceptual Knowledge, Procedural Knowledge, and Procedural Flexibility in Two Samples Differing in Prior Knowledge.” American Psychological Association. doi:10.1037/a0024997. [9] Hallet, dkk. 2010.” Individual Differences in Conceptual and Procedural Knowledge When Learning Fractions.” American Psychological Association 102(2): 395-406. DOI: 10.1037/a0017486 [10] Gultepe, dkk. 2013. “Exploring Effects of High School Students’ Mathematical Processing Skills and Conceptual Understanding of Chemical Concepts on Algorithmic Problem Solving.” Australian Journal of Teacher Education. 38(10): 106-122 11] Hiebert, James dan Levefre. 2013. Conceptual and Procedural Knowledge: The Case of Mathematics. Mahwah USA: Routledge, Diakases pada tanggal 9 Oktober 2015 dari http://site.ebrary.com/lib/alltitles/docDetail.action? docID=10752101# [12] Tularam, dan Husman. 2014. “A Study of Students’ Conceptual, Procedural Knowledge, Logical Thinking and Creativity During the First Year of Tertiary Mathematics.” International Journal of Mathematical Education in Science and Technolog 10(2): 64-70. doi:10.1037/a0014224 [13] Hiebert, James dan Wearne. 1996. “Instruction, Understanding, and Skill in Multidigit Addition and Subtraction.” Lawrence Erlbaum Associates 14(3): 251-283. doi: 10.1207/s1532690xci1403_1 [14] Warrington, dan Kamii. 1998. “ Multiplication with Fractions: A Piagetian, Constructivist Approach.” National Council of Teachers of Mathematics 3(5): 339-343. Diakses dari ( http://www.jstor.org/stable/41180422) [15] Rittle-jhonson dkk .2012. “Developing procedural flexibility: Are novices prepared to learn from comparing procedures?.” British Journal Of Educational Psychology 82(3): 436-455. doi: 10.1111/j.2044-8279.2011.02037-x [16] Tchoshanov, Mourat. 2011. “Relationship between teacher knowledge of concepts and connections, teaching practice, and student achievement in middle grades mathematics.” Educational Studies in Mathematics 76:141–164. doi: 10.1007/s10649-010-9269-yin_ID
dc.identifier.issn2528-4630
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7616
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan pemahaman matematika pada siswa yang mempunyai kemampuan tinggi materi logaritma. 2) untuk mendeskripsikan pemahaman matematika pada siswa yang mempunyai kemampuan sedang materi logaritma. 3) untuk mendeskripsikan pemahaman matematika pada siswa yang mempunyai kemampuan rendah materi logaritma. Jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan sampel penelitian sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) siswa yang termasuk dalam kategori mempunyai kemampuan tinggi cenderung memiliki pemahaman konseptual dan prosedural yang baik. 2) siswa yang termasuk dalam ketegori mempunyai kemampuan sedang ada yang memiliki pemahaman prosedural yang baik namun lemah pada konseptualnya, serta ada yang memiliki pemahaman konseptual dan prosedural yang cukup baik. 3) siswa yang termasuk dalam kategori mempunyai kemampuan rendah memiliki pemahaman konseptual dan prosedural yang lemah.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectpemahamanin_ID
dc.subjectmatematikain_ID
dc.subjectlogaritmain_ID
dc.titlePemahaman Matematika Berbasis Tingkat Kemampuan Siswa Materi Logaritmain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record