• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Grounding Vision Of Building Progressive Education

    Thumbnail
    View/Open
    18.pdf (415.4Kb)
    Date
    2016-08-03
    Author
    Martaningsih, Sri Tutur
    Maryani, Ika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kualitas lembaga pendidikan di antaranya tercermin pada visi yang dicanangkan. Visi merupakan cita-cita sekaligus target kemajuan pendidikan yang diharapkan. Pendidikan Muhammadiyah idealnya memiliki visi yang berkemajuan, tidak menganut pada paradigma modernisasi atau berorientasi pada aspek kognitif saja, namun harus tergambar nuansa pendidikan karakter yang diunggulkan. Perumusan visi pendidikan muhammadiyah memerlukan keterlibatan banyak pihak.agar muncul rasa memiliki, ada upaya pengembangan tanggungjawab sehingga visi organisasi juga merupakan cita-cita bersama. Visi merupakan tujuan jangka panjang lembaga pendidikan harus dipahami oleh seluruh komponen di dalamnya. Ketercapaian visi perlu strategi implementasi yang menuntut aktivitas partisipatif semua pihak. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara perumusan sebuah visi lembaga pendidikan khususnya di sekolah dasar, sampai kepada upaya menanamkan pemahaman visi tersebut kepada peserta didik dan pihak lain melalui berbagai strategi pencapaian. Integrasi visi dengan implementasi kurikulum 2013 akan membentuk sinergi positif dalam pencapaian tujuan pendidikan berkemajuan yang diharapkan. Karakteristik siswa sekolah dasar dan tuntutan pembelajaran yang menyenangkan menjadi bagian penting yang harus diperhatikan dalam sosialisasi visi hingga implementasinya. Literature review (studi kepustakaan) digunakan sebagai metode untuk menghimpun informasi mendalam yang kemudian digunakan untuk menemukan perumusan dan gagasan strategi pencapaian visi organisasi. Gagasan yang dijabarkan dalam artikel ini dapat diadopsi oleh berbagai pihak khususnya dalam upaya pencapaian sebuah visi organisasi pendidikan.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7642
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV