• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pembelajaran Matematika Dengan Strategi TGT dan NHT Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Keaktifan Peserta Didik

    Thumbnail
    View/Open
    22.pdf (773.4Kb)
    Date
    2016-08-03
    Author
    Sutami, Sri
    Rosyidi, Agung
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bervariasinya hasil belajar peserta didik disebabkan oleh beberapa faktor , antara lain : faktor strategi pembelajaran guru dan keaktivan peserta didik dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar matematika pada peserta didik yang diberi pembelajaran dengan menerapkan strategi Teams Games Tournaments ( TGT) dan Numbered Heads Together ( NHT), (2) perbedaan hasil belajar matematika pada peserta didik ditinjau dari tingkat keaktifan belajar matematika, dan (3) perbedaan hasil belajar matematika pada peserta didik ditinjau dari perbedaan strategi pembelajaran dan tingkat keaktivan peserta didik dalam belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X di SMA N 2 Sragen tahun ajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini yaitupeserta didik kelas XA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XA4 sebagai kelas control. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalur dengan sel tak sama. Hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar matematika pada peserta didik yang diberi pembelajaran dengan menerapkan strategi Teams Games Tournaments ( TGT) dan Numbered Heads Together ( NHT), (2) Terdapat perbedaan hasil belajar matematika pada peserta didik ditinjau dari tingkat keaktifan belajar matematika, dan (3) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika pada peserta didik ditinjau dari perbedaan strategi pembelajaran dan tingkat keaktivan peserta didik dalam belajar matematika.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7646
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV