• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Identifikasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Buku Pelajaran Agama Islam Sekolah Dasar

    Thumbnail
    View/Open
    26.pdf (288.0Kb)
    Date
    2016-08-03
    Author
    Zainuddin, Almuntaqo
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Usaha pemerintah untuk merespon terjadi penurunan moralitas kebangsaan, khususnya generasi muda berupa kebijakan di bidang pendidikan dengan memasukkan nilainilai pendidikan karakter dalam kurikulum sekolah. Kebijakan ini direspon penerbit dengan mengintegrasikan materi-materi pelajaran Sekolah Dasar, khususnya Pendidikan Agama Islam, dengan nilai-nilai pendidikan karakter yang ditetapkan pemerintah melalui Pusat Kurikulum Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Respon penerbit ini perlu diapresiasi dan dikritisi melalui penelitian yang mengkaji kesesuaian nilainilai pendidikan karakter dalam buku teks pendidikan agama Islam (PAI) Sekolah Dasar (SD) berdasarkan definisi dan isi yang ditetapkan Pusat Kurikulum, Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Usaha pengkajian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus pada nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku PAI SD kelas I-VI terbitan Tiga Serangkai. Analisis data dilakukan dengan metode content analysis. Validitas data hasil penelitian menggunakan teknik triangulasi dengan teori. Temuan penelitian menunjukkan bahwa subjektifitas pengarang buku PAI SD sangat menentukan nilai-nilai pendidikan karakter yang dikutip sehingga: 1) pembelajaran 18 nilai karakter belum tercapai; 2) penjelasan nilai-nilai pendidikan karakter tidak meningkat sesuai dengan jenjang kelas; 3) ketidakcermatan menyebabkan penjelasan tentang karakter tidak tepat; 4) adanya nilai karakter lain yang tidak disebutkan sumbernya.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7650
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV