• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Evaluasi Pelaksanaan Kelas Unggulan di Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

    Thumbnail
    View/Open
    39.pdf (456.4Kb)
    Date
    2016-08-03
    Author
    Kusumaningtyas, Dian Artha
    Nursulistiyo, Eko
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Telah dilakukan penelitian evaluasi Pelaksanaan kelas unggulan di program studi Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Implementasi pelaksanaan kelas unggulan di UAD khususnya pendidikan Fisika dari aspek input, proses, dan product/output, dan dukungan pelaksanaanya. 2) Kendala yang dihadapi UAD dalam menerapkan kelas unggulan. 3) Upaya yang sudah dilakukan universitas khususnya Pendidikan Fisika untuk mengatasi berbagai kendala dan hambatan yang dihadapi dalam implementasi kelas unggulan. Metode penelitian menggunakan metode CIPP (Content, Input, Proses, Product) . Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) rata-rata penilaian pada aspek pengelolaan adalah 79,75 % berada pada kategori Baik, 2) rata-rata penilaian pada aspek dosen adalah 62,63 % berada pada kategori Baik, 3) rata-rata penilaian pada aspek mahasiswa adalah 79,75 % berada pada kategori Baik, 4) rata-rata penilaian pada aspek pengelolaan adalah 75 % berada pada kategori Baik. Keempat aspek memunyai rata-rata nilai 72,28 % (Baik). Kendala-kendala yang dihadapi pada pelaksanaan kelas unggulan di program studi Pendidikan Fisika adalah a. Rasio pendaftar dan yang diterima masih kurang, b. Rata-rata nilai TOEFL mahasiswa harus dinaikkan, c. Persentase mata kuliah praktikum yang diajarkan dengan pengantar bahasa Inggris dilengkapi dengan petunjuk praktikum dalam bahasa Inggris harus ditambah, d. Rata-rata skor TOEFL (yang setara) mahasiswa perlu ditingkatkan, d. Penggunaan bahasa Inggris untuk komunikasi perlu ditingkatkan, e. Perlu dilaksanakannya kegiatan penulisan artikel dan seminar berbahasa Inggris oleh dosen dan mahasiswa. Penanganan yag disarankan untuk kedepan adalah diubahnya mekanisme penerimaan mahasiswa kelas unggulan di program studi Pendidikan Fisika, diefektifkanya Community of English In Physics Education (CUEPE), dan pencetakan buku petunjuk praktikum dalam bahasa Inggris. Skor TOEFL mahasiswa akan ditingkatkan dengan mengefektifkan kegiatan CUEPE (Community of English in Physics Education). Kelas dengan pengantar bahasa Inggris akan ditambah.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7664
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV