• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pemanfaatan Captain’s Diary Untuk Menciptakan Lingkungan Belajar yang Menyenangkan

    Thumbnail
    View/Open
    46.pdf (429.9Kb)
    Date
    2016-08-03
    Author
    Prasetyarini, Aryati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Artikel ini memaparkan hasil penelitian eksploratif di SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Surakarta untuk mendesain strategi yang tepat untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan. Berdasarkan observasi di kelas empat SD Muhammadiyah Program Khusus Surakarta, ditemukan siswa-siswa yang mengalami kesulitan untuk berinteraksi secara positif dengan teman-teman mereka. Interaksi positif mengacu pada kemampuan siswa untuk menghormati, mempercayai, dan peduli dengan teman sebaya. Kegagalan siswa untuk berinteraksi dengan teman sebaya ini akan mengganggu teman lain, yang memunculkan lingkungan yang kurang menyenangkan untuk belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut, kami merevitalisasi penggunaan Captain‟s Diary. Artikel ini memaparkan proses pemanfaatan Captain‟s Diary untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan. Subyek penelitian adalah 30 siswa kelas empat dan dua guru kelas. Untuk menganalisis data, penulis mengadopsi teori Miles dan Huberman Model Deskriptif Interaktif dengan prosedur reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Captain‟s Diary diimplementasikan dengan langkah berikut: a) pemilihan Ketua, b) penulisan Captain‟s Diary, c) pembahasan masalah yang ditemukan, d) pendiskusian masalah antara guru dengan seluruh kelas.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7671
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV