dc.contributor.author | Nur Zuama, Shofiyanti | |
dc.date.accessioned | 2016-10-21T04:25:15Z | |
dc.date.available | 2016-10-21T04:25:15Z | |
dc.date.issued | 2016-08-27 | |
dc.identifier.citation | Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Djamarah, Syaiful Bahri. (2008). Psikologi Belajar. Bandung: Rineka Cipta. Hamdayama, Jumanta. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghafia Indonesia. Ramayulis. (2008). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Kalam Mulia. Sudjana, Nana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sudjiono, Anas. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Wibowo, Daniel Akbar dan Hermawan, Yoni. (2014). Penerapan Metode Resitasi dan Diskusi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Galuh. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 20, Nomor 3, September 2014. Wiriaatmadja, Rochiati. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2407-9189 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/7709 | |
dc.description.abstract | Masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar mata kuliah Penulisan Karya Ilmiah (PKI) pada mahasiswa Program Studi PG PAUD. Jenis penelitian yang dilakukan ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester enam Program Studi PG PAUD yang berjumlah 35 mahasiswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini terbukti metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar mata kuliah Penulisan Karya Ilmiah (PKI) pada mahasiswa Semester VI Program Studi PG PAUD FKIP Universitas Tadulako Tahun 2015-2016. Hal itu terlihat dari peningkatan hasil belajar mahasiswa dari Tindakan Siklus I ke Tindakan Siklus II, untuk kategori Sangat Baik (SB) dengan nilai A, dari 6 mahasiswa (17,14%) meningkat menjadi 11 mahasiswa (31,43%). Kategori Baik (B) dengan nilai B, ada 14 mahasiswa (40%) menjadi 16 mahasiswa (45,71%). Kategori Cukup (C) dengan nilai C, ada 10 mahasiswa (28,57%) menjadi sisa 5 mahasiswa (14,29%). Kategori Kurang (K) dengan nilai D, dari 5 mahasiswa (14,29%) menjadi sisa 3 mahasiswa (8,57%). Sesuai hasil belajar mahasiswa pada Tindakan Siklus II tersebut, ada peningkatan yang lebih baik pada kategori Sangat Baik (SB) untuk nilai A dan kategori Baik (B) untuk nilai B, karena mahasiswa benar-benar mampu menunjukkan hasil belajar yang diharapkan peneliti dengan metode resitasi. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | STIKES Muhammadiyah Pekajangan | in_ID |
dc.subject | Metode Resitasi | in_ID |
dc.subject | Hasil Belajar | in_ID |
dc.title | PENERAPAN METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA SEMESTER VI PROGRAM STUDI PG PAUD PADA MATA KULIAH PENULISAN KARYA ILMIAH (PKI) | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |