Show simple item record

dc.contributor.authorOktradiksa, Ahwy
dc.contributor.authorTohari, Jazim
dc.date.accessioned2016-10-21T05:45:23Z
dc.date.available2016-10-21T05:45:23Z
dc.date.issued2016-08-27
dc.identifier.citationA.M, Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. Abdurrahman, Mulyono. (1999). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Danim, S. (2004). Metode Penelitian Untuk Ilmu-ilmu Perilaku. Jakarta: Bumi Aksara. DepartemenPendidikanNasional, (2002).KamusBesarBahasa Indonesia. Jakarta: BalaiPustaka. Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. DirektoratJenderalPendidikan Islam Departemen Agama RI. (2006) UndangUndangdanPeraturanPemerintah RI tentangPendidikan. F., Harvey, dkk. (2007). The strategi teacher: Selecting the Right Research-Based Strategy for Every Lesson. (terj.). Tjo, Ellys. (2012). Strategi-strategi Pengajaran: Memilih Strategi Berbasis Penelitian yang Tepat untuk Setiap Pelajaran. Jakarta: Indeks. Fitriana, Hanny. (2010). Pengeruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. [Online]. Tersedia: http//: repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstrea m/123456789/1047/1/98042HANNY%20FITRIANA-FITK.pdf. [11 Februari 2016]. Heruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Husain, Umar. (1996). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: RajaGrafindo Persada. Kawuryan, Suraningtyas. (2012). Pemahaman Konsep Bangun Ruang Melaui Pendekatan Matematika Realistic. Dalam Jurnal Didaktika Dwija Indria [Online],Vol 2 no 3 2012. Tersedia: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ pgsdsolo/article/view/280 [24 maret 2016] Kementrian Pendidikan Nasional. (2010). Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistik Di SMP. Yogyakarta : Kemendiknas. Mulyana, Deddy. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Narbuko, C. & Achmadi, A. (2003). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara. Oktafiarini, Ratmila. (2013). Efektivitas Penggunaan Pendekatan Realistic Mathematic Education dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematiika Kelas IV (Penelitian di MI Al-Huda Bumirejo Kaliangkrik Magelang). Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Muhammadiyah Magelang. Purwanto. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Purwanto, Ngalim. (2001). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers. Sadiman & Rahmasari Dwi Marta. (2014). Pengaruh Media Pembelajaran Komik Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan. Dalam Jurnal Mahasiswa PGSD [Online],Vol 2, No 8 2014. Tersedia: http://id.portalgaruda.org/?ref=brows e&mod=viewarticle&article=151562 [24 maret 2016] Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media. Shadiq, Fadjar. (2009). Model-model Pembelajaran Matematika SMP. Jakarta: Nurul Hidayah. Depdiknas. Soviawati, Evi. (2011). Pendekatan Matematiaka Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar. [Online]. Jurnal Edisi Khusus No. 2, Agustus 2011. Tersedia: http://jurnal.upi.edu/penelitianpendidikan/view/670/pendekatanmatematika-realistik-- pmr-untuk--meningkatkan-kemampuanberfikir-siswa-di-tingkat-sekolahdasar.html. [11 Februari 2016]. Sudijono, Anas. (2001). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. Sudijono, Anas. (2003). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. Sudijono, Anas. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers. Sudjana. (2005). Metode Statistik. Bandung: Tarsito Bandung. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suwarsih, Erna & Tiurlina. (2006). Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI Press. Turmuzi, Muhammad. ( 2004). Pembelajaran Matematika Realistik pada Pokok Bahasan Perbandingan di Kelas II SLTP, Dalam Jurnal Kependidikan, No. 2 volume 3. November 2004. Usman, H. & Akbar, P. (2008). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara. Wijaya, Ariyadi. (2012). Pendidikan Matematika Realistik; Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.in_ID
dc.identifier.issn2407-9189
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7717
dc.description.abstractRealistic Mathematics Education (Realistic Mathematic Education) is an approach to learning math should always use everyday problems. Formulation of the problem: How to use the approach Realistic Mathematic Education class IV MI Muhammadiyah Magelang City of Hope Integrated?, 2) How does an understanding of the mathematical concepts of fourth grade students Integrated Hope City MI Muhammadiyah Magelang? 3) Is there any effect of the use of Mathematic Education Realistic approach to the understanding of math concepts class IV MI Muhammadiyah Magelang City of Hope Integrated?. data analysis techniques using paired t test is a test sampling of statistics with the same group but uses a different time ie before (pretest) and after (posttest) .Kesimpulan: 1) The use of approaches Realistic Mathematic Education in both categories, it can be proven from 29 respondents Average -rata who answered agreed to more than 50%. 2) understanding of the mathematical concepts of students has increased, namely before and after the implementation of the approach Realistic Mathematic Education. 3) There is an effect of use Realistic Mathematic Education approach to the understanding of math concepts students Integrated Hope MI Muhammadiyah Magelang City.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherSTIKES Muhammadiyah Pekajanganin_ID
dc.subjectRealistic Mathematic Educationin_ID
dc.subjectKonsep Matematikain_ID
dc.subjectMIin_ID
dc.titlePENDEKATAN PENDIDIKAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MI MUHAMMADIYAH TERPADU HARAPAN KOTA MAGELANGin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record