• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding University Research Colloquium
    • The 4th University Research Colloquium (URECOL) 2016
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding University Research Colloquium
    • The 4th University Research Colloquium (URECOL) 2016
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perkembangan Penelitian Pembelajaran Inkuiri Dalam Pendidikan Sains Dan Medis

    Thumbnail
    View/Open
    Mahasiswa (Student Paper Presentation)(1)_22.pdf (157.1Kb)
    Date
    2016-08-27
    Author
    Hidayat, Rahmat
    Estri Ratna Tias, Yosefa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Istilah inkuiri digunakan pada berbagai kesempatan dalam pembelajaran sains dan medis di Indonesia sejak tahun 1980an hingga sekarang, bahkan mendapat penekanan dalam Kurikulum 2004. Hasil kajian berbagai penelitian pembelajaran sains dan medis selama beberapa tahun ini menunjukkan masih belum jelasnya pengertian dan esensi inkuiri. Inkuiri (inquiry) yang diperkenalkan sebagai metode pembelajaran sains dan medis dikontraskan dengan metode penemuan (discovery). Inkuiri juga diperkenalkan sebagai pendekatan dalam pembelajaran sains dan medis, sebagai teknik pembelajaran, dan sebagai model pembelajaran baik sebagai model inkuiri ilmiah (scientific inquiry), maupun sebagai model latihan inkuiri (inquiry training) dalam rumpun pemrosesan informasi. Penggunaan label inkuiri pada berbagai kesempatan tersebut tidak akan memberi dampak pada peningkatan kualitas pembelajaransains dan medis apabila maknanya tidak desains dan medis hami dan manfaatnya tidak disadari oleh para pelaku pembelajaran sains dan medis. Diduga inkuiri akan bermakna apabila diperlakukan sebagai kemampuan kerja ilmiah yang dikembangkan, diterapkan dan diukur selama proses pembelajaran dan sebagai perolehan pembelajaran. Upaya menguji dugaan tersebut masih sedang berlangsung dan memerlukan kolaborasi dan sinergi dengan pelbagai pihak untuk mengatasi kendala dan tantangan yang timbul dari penelitian yang terpisah-pisah.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7758
    Collections
    • The 4th University Research Colloquium (URECOL) 2016

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV