dc.contributor.author | Aziz, Abdul | |
dc.contributor.author | Setyaningsih, Nining | |
dc.date.accessioned | 2016-10-22T09:42:18Z | |
dc.date.available | 2016-10-22T09:42:18Z | |
dc.date.issued | 2016-08-27 | |
dc.identifier.citation | Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Budiyono. 2009. Statistik Untuk Penelitian. Surakarta : Sebelas Maret Unuverity Press Hamdani. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV Pustaka Setia. Johnson, E. B , Ph.D. 2011. CTL (Contextual Teaching & Learning) . Bandung : Kaifa. Slavin, R. E. 2009 . Cooperative Learning ( Teori , Riset dan Praktik ) .Bandung : Nusa Media. Zingaro Daniel, Group Investigation. Ontario Institute for Studies in Education, Toronto, Ontario, July 18, 2008 | in_ID |
dc.identifier.issn | 2407-9189 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/7830 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh pembelajaran matematika berbasis problem solving dengan model Think Pair Share dan Group Investigation terhadap prestasi belajar matematika dan tingkat berfikir kritis terhadap prestasi belajar matematika. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Klego tahun ajaran 2012/2013. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua kelas, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang dikenai model Think Pair Share dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol dan dikenai model Group Investigation. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi (nilai rapot matematika semester ganjil) untuk mengetahui kemampuan awal dan metode test untuk mengetahui prestasi belajar. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis menggunakan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji lanjut pasca anava dengan metode Scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh hasil : (1) ada pengaruh pembelajaran matematika berbasis problem solving dengan model think Pair Share dan Group Investigation terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai FA = 8,231 (2) ada pengaruh tingkat berfikir kritis terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai FB = 6,314, (3) tidak ada interaksi antara penggunaan model pembelajaran Think Pair Share, Group Investigation dan tingkat berfikir kritis terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai FAB = 1,39. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | STIKES Muhammadiyah Pekajangan | in_ID |
dc.subject | Think Pair Share | in_ID |
dc.subject | Group Investigation | in_ID |
dc.subject | Berfikir Kritis | in_ID |
dc.subject | Prestasi belajar | in_ID |
dc.title | Implementasi Think Pair Share Dan Group Investigation Ditinjau Dari Berfikir Kritis | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |