• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Membangun Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Humanis Religius dI SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta

    Thumbnail
    View/Open
    49.pdf (240.0Kb)
    Date
    2016-08-03
    Author
    Minsih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini untuk memotret pelaksanaan pembelajaran humanis Religius dalam membangun karakter siswa di SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta. Sesuai dengan Misi pertama di SD Muhammadiyah Pk bahwa sekolah ini didirikan atas dasar Misi Sekolah harus menyelenggarakan proses Kegiatan belajar mengajar yang humanis religious yang disesuaikan dengan tahap perkembangan anak. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif denganpendekatan fenomenologis. Pengumpulan data dilaksanakan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi dengan menggunakan keabsahan data triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran humanis religious dilaksanakan dengan cara integrated curriculum yaitu dengan menggabungkan kurikulum 2013 dengan kurikulum interen (kurikulum ilahiyah) dengan memasukkan konsep humanism dan nilai-nilai religiuslitas sehingga mampu terwujudnya karakter unggul, melalui kegiatan-kegiatan yang dikembangkan di sekolah yaitu: 1) Joyfull Learning/Learning by Playing. 2) Pemenuhan kebutuhan anak dan hak-hak anak. 3) Memaksimalkan potensi anak ( guru menjadi fasilitator yang baik). 4) Kepala sekolah memenuhi semua kebutuhan guru sehingga guru mampu melakukan pemenuhan kebutuhan siswa. 5) Melibatkan siswa dalam setiap pembelajaran (Learning by Doing). 6) Keteladan Kepala Sekolah dan Guru. 7) Transformative Learning/CTL; menggunakan konteks yang sesuai dengan perkembangan anak. 8) Penerapan konsep-konsep Alquran dan Hadis dalam pembelajaran (kurikulum Syariah).
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7833
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV